Mebel Ukiran Jepara Dari Katalog Pesona Bahari MPB 2007

Saat anda mendengar kata mebel ukiran Jepara, mungkin anda akan membayangkan perabot furniture mewah kayak yang ada di sinetron2 itu.

Anda tidak salah, besar kemungkinan kalau mebel mewah yang ada di sinitron2 itu memang berasal dari Jepara, karena kita semua tahu, bahwa Jepara adalah kota ukir, the one and only di jagad raya…halah 😀

Tapi serius, memang kota kami ini terkenal dimana2 karena keahlian dalam pengolahan dan ukiran kayu, sampai mancanegara juga tentunya.

Sebuah keahlian dan tradisi yang telah diturunkan oleh nenek moyang kami dari generasi ke generasi. Sangat membanggakan menjadi putra daerah kota kelahiran ibu kita Kartini ini.

Oiyha, bicara tentang warisan, keahlian ukiran yang ada di Jepara juga tidak lepas dari jasa ibu Kartini lho, coba deh nonton film Kartini yang dibintangi ayang dian sastro, dia adalah salah satu orang yang mengembangkan kesenian dan industri ukiran kayu di Jepara.

Kembali ke topik pembahasan mebel ukiran Jepara, dijaman sekarang ini, ada banyak sekali referensi design yang dijadikan patokan oleh para pengrajin mebel jepara, ada yang dapat referensi dari gambar buyer, dari majalah, website luar dan lain2.

Namun salah satu yang paling banyak dipakai adalah katalog mebel pesona bahari terutama seri MPB 2007 ( Mebel Pesona Bahari edisi 2007 ).

Ada banyak katalog mebel yang beredar dipasaran, puluhan mungkin, namun yang paling “LEGEND” dan paling banyak dijadikan referensi design adalah seri ini. Jadi mari kita bahas dia ya.

Salah satu katalog yang “semi legend” adalah katalog mebel jati minimalis MRC yang isinya khusus design minimalisan. Tapi terbitnya baru2 saja sih sepertinya, tahun 2008an lah kira2.

Sebelum terlalu jauh kita membahas tentang katalog mebel ukiran Jepara ini, mungkin anda mau langsung lihat isi dari katalog MPB 2007 ini, klik daftar isi dibawah buat jump to chapter nya ya ndan…

DAFTAR ISI:

  1. Sofa Ukir
  2. Dipan Ukir
  3. Lemari hias dan lemari baju
  4. Set Meja Makan
  5. Meja rias Ukir
  6. Bale2 Ukir
  7. Buffet Ukir
  8. Meja Tamu dan Meja Tulis
  9. Kursi Santai
  10. Jam Hias
  11. Kesimpulan

Katalog Mebel Ukiran Jepara Pesona Bahari MPB 2007

Oke, kita lanjut bahas katalog MPB 2007, katalog ini berisi gambar mebel dengan design klasik yang kebanyakan ada hiasan ukirannya.

Ada ratusan halaman yang berisi gambar2 mebel ukiran Jepara mulai dari kursi, meja, lemari, tempat tidur dan produk2 mebel lainnya. Gambarnya disusun chapter by chapter untuk memudahkan pencarian.

Nah…pertanyaannya sekarang adalah “siapa yang pertama kali bikin katalog ini?”, jujur kami tidak tahu siapa yang pertama kali menerbitkan katalog mebel pesona bahari ini.

Namun yang pasti siapapun itu jasanya sangatlah besar dalam industri mebel jepara, semoga jasa2 nya diberikan imbalan oleh yang maha kuasa 😀 bagaimana tidak…semua orang pakai karyanya gratis tanpa royalty lho. hanya ganti biaya cetak, dan profit si tukang cetak mungkin.

Katalog mebel jepara ini sudah berjuta kali dicopy, dan dibuat sepuluh tahun yang lalu dengan “mencomot” gambar2 dari internet dan sumber lainnya. Jadi kalau bicara masalah kualitas gambarnya yaaa…seadanya lah, namun itu cukup untuk dijadikan referensi pembuatan dan penjualan mebel.

Jika mau beli katalognya juga bisa, kalau tidak salah harganya 85.000 an belum ongkir. di tokopedia, bukalapak, dan sejenisnya juga banyak, rata2 penjualnya dari Jepara juga.

Anda mungkin bertanya mengapa katalog yang kualitas gambarnya kurang begitu bagus masih dipakai saja. Apakah tidak ada produk katalog baru yang kualitasnya lebih baik dari ini ?

Jawabannya adalah kebiasaan.

Kalau bahasa jawanya “kulino”, jadi para pengrajin mebel jepara sudah terbiasa menjadikan katalog ini sebagai referensi untuk membuat produk2nya. Itulah mengapa katalog mebel ini begitu populer dan tetap dipakai di Jepara.

Alasan kedua adalah karena barang2 klasik memang tidak bisa out of date. Mereka akan tetap ada tanpa tergeser trend mebel minimalis yang sedang melanda konsumen mebel di indonesia.

Penyuka mebel klasik ukiran akan tetap ada bagaimanapun kondisinya, dan salah satu referensi paling mudah adalah…katalog ini

Apa Bisa Beli Mebel Jepara Dari Katalog Ini?

Tentu saja, bahkan kebanyakan mebel ukiran Jepara yang beredar dipasaran sekarang ini adalah berasal dari katalog MPB 2007, atau paling tidak hasil copy edit nya lah.

Perlu digaris bawahi bahwa gambar2 yang ada didalam katalog ini adalah hanya sebagai referensi saja. Jadi mungkin ada perbedaan pada detailnya seperti pada ukiran, kain jok dan lain2.

Dan juga karena ini hanya referensi, jadi barang2nya tidak semua ready stok, memang ada banyak suplier yang bikin produk2 mebel jepara berdasarkan gambar katalog pesona bahari 2007 namun tentu tidak semua barang dibuat kan ?

Rata2 pengrajin mebel jepara bikin barang2 tersebut untuk melayani pesanan dari jakarta dan pulau sumatra. Mereka bikin dan kirim dalam kondisi mentah dan copotan baru kemudian setelah sampai tujuan dirakit dan difinishing ditempat.

Mekanisme jual beli seperti diatas dilakukan oleh penjual mebel yang “kulakan” dari Jepara, tentu saja hal ini atas persetujuan kedua belah pihak yang telah melalui diskusi panjang x lebar x tinggi x lama sekali 😀

Ada keuntungan dengan kondisi “ketidak ready stock an” mebel jepara ukiran dalam katalog MPB ini, yakni anda bisa pesan mebel dari katalog mebel pesona bahari 2007 ini namun dirubah sesuai keinginan, misal mau ganti ukuran, set nya, ganti finishing, ganti jok dan ganti lain2 bisa dilakukan.

Hal ini ideal terutama bagi end user yang perlu barang design khusus sesuai kebutuhan ruangannya. Kalau untuk penjual mungkin terlalu “ribet” dan banyak proses yang harus dilalui, meskipun kemungkinan untuk beli mebel jepara dengan design custom bagi penjual pun masih tetap terbuka, dengan plus dan minusnya tentu.

Harga Mebel Pesona Bahari Jepara

Murah, dah gitu saja,

tapi ada tapi nya.

Mebel pesona bahari, atau yang biasa juga disebut sebagai mebel lokalan, sudah dibuat beribu ulang kali, jadi para tukang yang bikin juga sudah “ngelotok” cara bikinnya, sambil merem aja sudah bisa jadi istilahnya. Ini satu point yang bisa bikin murah karena cost produksi juga murah.

Point kedua yang bisa bikin mebel ukiran Jepara dari katalog MPB ini murah adalah permainan bahan baku. Para pengrajin mebel jepara bisa “mengakali” kayu yang kualitasnya kurang bagus jadi kelihatan mewah.

Butuh pengamatan yang jeli dan pengalaman untuk bisa tahu beda kualitas kayu yang dipakai, namun untuk mebel kualitas “lokalan”, pasar sudah mengerti kok gimana kualitasnya.

Faktor ketiga kenapa bisa murah harganya adalah permintaan pasar yang terus menerus, sudah hukum ekonomi kalau permintaan banyak seiring dengan suply banyak menjadikan harga lebih murah kan?

Jadi…apa memang mebel pesona bahari kelasnya murahan?

Sayangnya kami harus bilang iya, padahal kalau lihat gambar mebel di katalognya itu aslinya mewah2 lho. Banyak mebel design italian atau victorian ada disana.

Jadi sebenarnya, kalau mau bikin persis seperti yang ada digambar katalog MPB, harga mebelnya bisa 5 -10 kai lipat dari harga yang ada dipasaran sekarang.

Perbedaan paling mencolok antara gambar dengan barang yang ada sekarang ada pada bentuk keseluruhan dan detail ukiran.

Misal, kita ngomong sofa sebagai contoh, bentuk asli digambar katalog itu meliuk  liuk cakep dengan ukiran yang dalem dan kelihatan hidup.

Namun pada kenyataannya, meliuk nya cuman dikit, mak weerrr gitu thok, ukiran juga cuman dangkal dan “yang penting ada”, ini jelas lebih muah dari bahan baku dan biaya tukang kan?

Tapi tunggu dulu...jangan baper dulu

Kebanyakan itu bukan berarti semua lho, jadi meskipun kebanyakan mebel lokalan itu kualitasnya so so gitu…tapi ada juga yang mengutamakan kualitas lho.

Jadi sebenarnya menyesuaikan pasar sih, orang Jepara itu “isonan”, mau minta barang bagus gus ya dikasih bagus, mau sesuai budget juga dilayani. Yang gak bisa tuh minta barang bagus, harga murah, ngutang pula, berat…

Kalau anda mau beli mebel ukiran Jepara dari katalog pesona bahari, cara yang paling bijak adalah datang langsung ke Jepara. Lihat langsung barangnya, lihat bahan bakunya, prosesnya, biar gak beli kucing dalam karung.

Isi Katalog MPB 2007

Dibawah ini adalah isi dari katalog MPB 2007, ada ratusan gambar mebel ukiran Jepara yang terdapat didalam katalog ini. Kami upload satu2 berurutan sesuai no haamannya ya.

Gambar mebel jepara dalam katalog ini adalah hasil scan dari katalog aslinya, yang notabene sudah dicopy berjuta kali, jadi kualitas memang kurang bagus. Gambar pada katalog aslinya sedikit lebih baik dari yang kami posting disini. Jadi mending beli aja ndan…

Silahkan barikut dibawah ini gambar2nya, boleh didowload atau safe as kok, dah gada royaltinya. Semoga bisa membantu…

Gambar Sofa Klasik

Halaman pertama dimulai dari set sofa kursi tamu dan beberapa kursi teras. Kalau sofa atau kursi tamu biasanya set nya terdiri dari sebuah sofa 3 dudukan, satu sofa 2 dudukan, dua buah kursi tamu single, satu meja kopi dan dua buah meja samping ( keneb )

Anda bisa beli dengan set sesuai kebutuhan anda, misal anda hanya mau sofa 2 dudukan + 2 pcs kursi single + meja kopi bisa saja dilakukan, biasa orang menyebutnya set 211 ( dua dudukan, satu dudukan dua kali )

set kursi tamu ukir jepara
MPB 001-009
set sofa ukir jepara
MPB 010-018
set sofa ukir jepara
MPB 019-027
set sofa ukir jepara
MPB 028-036
set sofa ukir jepara
MPB 037-045
set sofa ukir jepara
MPB 046-054
set sofa ukir jepara
MPB 055-063
set kursi tamu ukir jepara
MPB 064-072
set kursi tamu ukir jepara
MPB 073-081
set kursi tamu ukir jepara
MPB 082-090
set kursi tamu ukir jepara
MPB 091-099
set kursi tamu ukir jepara
MPB 100-108
set kursi tamu ukir jepara
MPB 109-117
set kursi tamu ukir jepara
MPB 118-126
set kursi tamu ukir jepara
MPB 127-135
set kursi tamu ukir jepara
MPB 136-144
set kursi tamu ukir jepara
MPB 145-153
set kursi tamu ukir jepara
MPB 154-162
set kursi tamu ukir jepara
MPB 170-175
set teras jati jepara
MPB 176-184
set teras jati jepara
MPB 185-189

Tempat Tidur / Dipan Jati Ukir Jepara

Pada halaman ini menampilkan produk dipan jati dan beberapa se tempat tidur, produk2 yang terdapat didalam set kamar tidur biasanya terdiri dari dipan, nakas / bedside, almari pakaian, meja rias dan nakas laci.

Kadang ada pula yang meminta bangku diujung tempat tidur (end bed), anda bisa beli produk2 yang terdapat didalam set ini secara terpisah. Misal hanya perlu tempat tidurnya saja, atau hanya mau lemari bajunya saja bisa dilayani.

Dipan Jati Ukir
MPB 190-195
Dipan Jati Ukir
MPB 273-221
Dipan Jati Ukir
MPB 258-264
Dipan Jati Ukir
MPB 249-257
Dipan Jati Ukir
MPB 240-248
Dipan Jati Ukir
MPB 231-239
Dipan Jati Ukir
MPB 222-230
Dipan Jati Ukir
MPB 205-212
Dipan Jati Ukir
MPB 196-204

Lemari Pakaian Dan Lemari Kaca

Halaman berikutnya katalog mebel ukiran Jepara MPB menampilkan produk lemari, baik itu lemari pajangan kaca untuk ruang tamu, maupun lemari baju untuk kamar tidur.

Anda bisa membeli lemari kayu jati dengan model yang sama dengan yang ada digambar maupun dengan perubahan2 sesuai permintaan anda.

Misalnya anda mau lemari pakaian MPB 330 yang digambar adalah 2 pintu, namun anda mau bikin menjadi 3 pintu, itu bisa diatur, asal harga cocok ya ndannn…

Katalog Lemari Baju
MPB 337-344
Katalog Lemari Hias
MPB 361-365
Katalog Lemari Hias
MPB 329-336
Katalog Lemari Hias
MPB 321-328
Katalog Lemari Hias
MPB 313-320
Katalog Lemari Hias
MPB 305-312
Katalog Lemari Hias
MPB 297-304
Katalog Lemari Hias
MPB 289-296
Katalog Lemari Hias
MPB 281-288
Katalog Lemari Hias
MPB 273-280
Katalog Lemari Hias
MPB 265-272
Katalog Lemari Baju
MPB 353-360
Katalog Lemari Baju
MPB 345-352

Set Meja Makan Ukiran Jepara

Pada halaman ini menampilkan koleksi set meja dan kursi makan, baik yang oval maupun kotak bentuknya. Anda bisa pula beli hanya kursinya atau mejanya saja sesuai kebutuhan.

Anda juga bisa meminta perubahan pada warna finishing dan juga kain jok sehingga bisa sesuai dengan keinginan anda. Atau mungkin jika anda mau tambahan kaca untuk top mejanya bisa dilakukan.

Set Meja Makan
MPB 438-446
Set Meja Makan
MPB 429-437
Set Meja Makan
MPB 420-428
Set Meja Makan
MPB 411-419
Set Meja Makan
MPB 402-410
Set Meja Makan
MPB 393-401
Set Meja Makan
MPB 384-392
Set Meja Makan
MPB 375-383
Set Meja Makan
MPB 366-374

Meja Rias Jati Ukir Jepara

Halaman berikutnya dari katalog mebel ukiran Jepara MPB adalah koleksi meja rias ukiran, ada banyak model dan ukuran yang bisa dipilih disini. Rata2 meja rias atau tolet yang ada disini sudah termasuk stool / kursinya.

Anda bisa meminta perubahan warna finishing dan kain untuk stool nya, kaca untuk mebel juga bisa diminta untuk ketebalan tertentu dan pakai bevel maupun tidak.

Katalog meja Rias
MPB 492-496
Katalog meja Rias
MPB 487-491
Katalog meja Rias
MPB 479-486
Katalog meja Rias
MPB 471-478
Katalog meja Rias
MPB 463-470
Katalog meja Rias
MPB 455-462
Katalog meja Rias
MPB 447-454

Bangku Bale2 Jati

Pada halaman berikutnya, katalog mebel ukiran Jepara pesona bahari menampilkan koleksi bangku dan bale2 tempat santai di teras rumah.

Harga yang ada biasanya belum termasuk bantalan dan gulingnya, jadi anda harus beli terpisah jika menginginkan produk ini.

Katalog Bale Bale
MPB 560-563
Katalog Bale Bale
MPB 551-559
Katalog Bale Bale Jati
MPB 542-550
Katalog Bale Bale
MPB 533-541
Katalog Bale Bale
MPB 524-532
Katalog Bale Bale Jati
MPB 515-523
Katalog Bale Bale Jati
MPB 506-514
Katalog Bale Bale Jati
MPB 497-505

Bufet Kayu Jati Ukir

Koleksi bufet pajang untuk ruang keluarga rumah anda, produk2 yang ada dihalaman ini ukurannya cukup besar jadi mungkin bukan pilihan yang tepat untuk ruang keluarga yang berukuran kecil.

Silahkan dipilih sesuai kebutuhan anda dengan tetap mempertimbangkan proporsi dengan ruangannya. Atau anda bisa meminta perubahan ukuran mebel ukiran Jepara yang hendak anda pesan ada supliernya.

Katalog Bufet Pajangan
MPB 676-684
Katalog Bufet Pajangan
MPB 667-675
Katalog Bufet Pajangan
MPB 658-666
Katalog Bufet Pajangan
MPB 649-657
Katalog Bufet Pajangan
MPB 640-648
Katalog Lemari Pajang
MPB 701-704
Katalog Lemari Pajang
MPB 694-700
Katalog Lemari Pajang
MPB 600-607
Katalog Bufet Pajang
MPB 631-639
Katalog Bufet Pajang
MPB 624-630
Katalog Bufet Pajang
MPB 616-623
Katalog Bufet Pajang
MPB 608-615
Katalog Bufet Pajang
MPB 592-599

Meja Tamu Dan Meja Tulis

Meja ruang tamu, termasuk meja kopi meja konsul dan meja kerja. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan ruangan anda.

Katalog Meja Tulis
MPB 753-757
Katalog Meja Tulis
MPB 748-752
Katalog Meja Tamu
MPB 705-713
Katalog Meja Ruang Tamu
MPB 742-747
Katalog Meja Ruang Tamu
MPB 735-740
Katalog Meja Ruang Tamu
MPB 729-734
Katalog Meja Ruang Tamu
MPB 721-726
Katalog Meja Ruang Tamu
MPB 714-719

Kursi Malas Untuk Santai

Disini menampilkan koleksi kursi untuk santai seperti kursi goyang, kursi malas dan kursi teras. silahkan dipilih sesuai kebutuhan dan selera anda

Katalog Kursi Malas
MPB 774-779
Katalog Kursi Malas
MPB 766-773
Katalog Kursi Malas
MPB 758-765

Jam Hias Jati

Jam hias yang berukuran besar, jadi bukan jam dinding ya. khusus bagi anda yang punya ruangan cukup besar dengan tema interior klasik yang mewah.

Anda bisa pesan mesin jam dengan kualitas sesuai permintaan. Ada yang mau pakai lonceng, ada yang mau sepi, kita diskusikan hal ini saat proses pemesanan ya.

Katalog Jam Hias
MPB 810-816
Katalog Jam Hias
MPB 802-809

Kesimpulan

Katalog mebel pesona bahari 2007 memang jadi salah satu buku wajib bagi pengusaha mebel jepara, hampir semua design mebel ukiran ada disana, yang itu bisa memudahkan kerja kami para pengrajin mebel Jepara dalam hal referensi design.

Namun bagi anda para pembeli, ada hal2 yang mungkin tidak sesuai dengan harapan anda, kualitas mebel pesona bahari yang ada dipasaran memang seadanya, meskipun itu juga cukup memenuhi ekspeksai kebanyakan pembeli lokal, namun mungkin bukan bagi anda.

Maka perlu anda perhatikan dengan siapa anda membeli, paling mudah ya dengan datang ke Jepara, jadi bisa lihat langsung barang yang hendak anda beli.

Kalau anda baca sampai akhir sini, selamat…! anda adalah salah satu orang yang telaten, dua jempol untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan mengenai mebel ukiran jepara dari katalog MPB, atau hubungi kami langsung melalui halaman kontak. Terima kasih

1 thought on “Mebel Ukiran Jepara Dari Katalog Pesona Bahari MPB 2007”

Leave a Comment