Jenis Lem Kayu Atau Perekat Dalam Industri Mebel Jepara

Ada beberapa jenis lem kayu atau perekat yang digunakan dalam industri mebel jepara, dari sekian banyak produk lem / perekat untuk kayu yang terdapat di pasaran, hanya beberapa jenis saja yang dipakai oleh pelaku industri. Menurut pengetahuan kami jenis2 lem perekat kayu tersebut adalah :

  • Lem Kayu Epoxy
  • Lem Kayu Putih / PVAc
  • Lem Kayu Busa / Polyurethane
  • Lem Kayu Super/cyanoacrylate adhesive.

Berikut adalah penjelasan kami mengenai jenis2 lem bahan perekat kayu tersebut, ini hanya pendapat kami yang berdasarkan pengalaman ya, kami bukan ahli lem apalagi jualan. Kami tukang kayu…:D

Lem Kayu Jenis Epoxy

lem kayu epoxy resin

Jenis lem perekat kayu ini adalah yang paling banyak di gunakan didalam industri mebel jepara. Jenis perekat kayu yang satu ini terdiri dari 2 komponen utama yaitu resin dan hardener. Sifatnya mengisi ruang sambungan / komponen yang di sambung.

Lem epoxy memiliki tekstur yang keras dan sangat kuat, tahan air dan bahan kimia, serta tahan temperatur yang relatif tinggi. Dengan sifat2nya tersebut, pada dasarnya lem ini sangat bagus untuk aplikasi mebel furniture.

Walaupun begitu, kita perlu hati2 dalam mencampur 2 komponennya supaya tepat dan menjadi adonan yang sempurna. kita juga harus hati2 dalam memperkirakan berapa banyak kebutuhan kita dalam mencampur 2 komponen tersebut, karena setelah 2 komponen tercampur sempurna maka reaksi pengeringan pun di mulai.

Pengeringan campuran lem ini bisa mencapai 100 menit sebelum kemudian mengeras sempurna dan tidak dapat di gunakan lagi. Jika kita terlalu banyak membuat campuran maka akan sangat tidak ekonomis.

Kekurangan dari bahan lem perekat kayu epoxy adalah memiliki “glue line” / bekas lem yang cukup terlihat dan juga sifat kerasnya yang justru menjadi bumerang karena jika permukaan komponen yang di sambung bergerak / menyusut sedikit saja maka lem akan pecah / retak. untuk aplikasi mebel taman / luar ruangan (Outdoor Furniture) mungkin kurang cocok jika menggunakan bahan perekat ini.

Lem Putih / PVAc

lem putih atau PVAc

Lem jenis ini banyak di gunakan untuk keperluan indoor furniture atau mebel untuk keperluan dalam ruangan. Untuk pemakaian luar ruangan produk lem putih PVAc juga sangat bagus setelah mendapat penambahan hardener yang membuatnya semakin kuat tanpa retak.

Lem ini bisa di gunakan untuk semua material yang mempunyai permukaan berpori. Sifat dasarnya elastis dan bisa menyesuaikan terhadap perubahan cuaca / Weather Reactance. Banyak juga di gunakan dalam proses pelapisan Veneer dan seni Papercraft juga untuk mencapur plamur tembok.

Keistimewaan produk ini adalah tidak memiliki glue line / jejak bekas lem yang terlihat karena saat lem ini mengering dia berwarna bening. Lem ini juga elastis sehingga permukaan sambungan yang bergerak / mengalami penyusutan minor tidak pecah / retak.

Kelemahannya adalah pada waktu pengeringan yang relatif lama, sehingga tidak cocok untuk perajin kecil yang sedang kejar tayang ordernya.

Menurut pengalaman kami, lem putih perlu waktu paling nggak 24 jam untuk benar2 kering. Itupun kita pakai merk yang bagus, kalau merk yang jelek mungkin bisa lebih lama lagi keringnya.

Kekurangan berikutnya adalah tingkat kekerasan yang tidak terlalu tinggi, ini bisa jadi kelebihan namun akan jadi kekurangan kalau digunakan pada lokasi yang salah, misal pada sambungan kepala kayu (butt joint), lem putih bakalan gampang lepas dari sambungan.

Lem Busa / Polyurethane

lem kayu polyurethane
berbusa kan?

Kenapa di sebut lem busa atau kami orang jawa menyebutnya “unthuk”, karena saat sudah kering lem ini berbentuk busa atau foam. Lem ini berbahan dasar synthetic Polyurethane yang kuat dan tahan terhadap cuaca.

Banyak di gunakan sebagai perekat sambungan Finger Joint pada furniture design minimalis serta pada industri mebel garden / mebel luar ruangan. Ini karena sifanya yang weather reactance dan mengisi rongga yang kosong pada sambungan.

Kelebihan lem busa ini mudah dibersihkan, jadi saat sudah kering, akan ada busa lem yang keluar dari sambungan (lihat gambar deh), ini bersihinnya gampang saja pakai pahat atau scrapper, kita tidak mungkin melakukan ini pada lem epoxy atau PVAc.

Kekurangannya adalah kekuatan yang kurang untuk aplikasi pada struktur konstruksi utama mebel. Jadi lem ini harus digunakan pada sambungan yang punya penampang luas. Misal dipakai pada butt joint gak bakalan kuat, jadi harus dipakai pada sambungan semacam finger joint atau mortise tenon.

Lem Kayu Super / Cyanoacrylate Adhesive

lem altecoKami biasa menyebut lem ini sebagai lem alteko saja, namun banyak juga yang menyebut lem super ini sebagai lem korea (padahal made in Japan). Mungkin Alteco adalah merk lem super yang pertama kali masuk ke industri mebel jepara.

Berbentuk cairan bening dengan glue line gelap atau menyesuaikan residu bahan yang direkatkannya. Jadi misal kita merekatkan kayu, kemudian kita amplas gitu, glue line nya bakal berwarna kecoklatan mirip kayu.

Kami menggunakannya hanya untuk reparasi kerusakan kecil misalnya retak kecil atau cuil sedikit pada ujung produk. Kehadiran produk ini bisa jadi penyelamat saat finishing produk mebel yang memerlukan perbaikan dengan hanya sedikit waktu tersedia.

Lem ini bisa mengering dalam waktu beberapa detik saja sehingga sangat menolong kami yang sedang buru2. Namun ati2 kalau kena tangan, bisa nempel pel dan korbannya kulit anda yang harus mengelupas.

Kekurangan lem super ini getas alias mudah patah, tidak terlalu kuat untuk sambungan konstruksi utama. Juga sifatnya meresap kedalam pori2 kayu, tidak bisa mengisi gap pada sambungan seperti lem kayu jenis lainnya.

Kesimpulan

Masih banyak sekali jenis lem perekat kayu yang tersedia di pasaran, namun menurut kami jenis lem diatas lah yang biasa kami gunakan. Tidak ada satu jenis lem yang terbaik untuk mebel, semua tergantung kebutuhan pekerjaan kita.

Jika anda mempunyai tambahan informasi yang mungkin bisa melengkapi informasi dari kami silahkan tinggalkan komentar dan kita akan sangat terbantu dengan pengalaman anda tentang jenis lem kayu atau perekat kayu.

26 thoughts on “Jenis Lem Kayu Atau Perekat Dalam Industri Mebel Jepara”

  1. waduh tar kalo sebut merek kena royalti lho bro….hehehe….merk lem MR buat epoxy bagus dan fullock atau exelone juga bagus. kalo biasanya sih yang harga mahal bagus bro, meskipun gak selalu. tuh merk diatas yg paling sering di gunakan ama pengrajin mebel jepara

    Reply
  2. Saya pembuat sekaligus asisten dari owner pabrik lem di tangerang. Sudah mensuplai di berbagai pabrik besar, kami ingin melebarkan sayap pemasaran ke jateng, jogja, malang dan surabaya, berbagai jenis lem kami buat, mulai dari B2 B3 B4 PU & Epoxy, kami bisa mengcustom lem tersebut sesuai keinginan, contoh encer/kental, Putih / transparan daya rekat yg bisa di sesuaikan, dsb.. produk kami di jabodetabek dilabel dengan nama Featbond, sedangkan rencana untuk pengembangan sayap ke jateng-surabaya akan di label dg Eastwood (proses pengembangan) bagi pabrik / saudara yang ingin berkerjasama atau request maupuj test lem kami dapat menghubungi kantor kami yang berada di daerah klaten dengan no.085728275454

    Reply
  3. ONE STEP Powder Resin adalah Resin Urea Formaldehida siap pakai, yang hanya membutuhkan pencampuran sederhana dengan air sebelum penggunaan. Resin ini tidak membutuhkan zat pengeras atau pengempaan panas. ONE STEP Powder Resin menghasilkan rekatan yang sangat baik pada bahan berpori dan semi-pori seperti kayu keras dan lembut, plywood, particleboard medium density fiberboard (MDF), parquet / lantai kayu, furnitur kayu dan pekerjaan kayu lainnya.

    PENGGUNAAN

    ONE STEP Powder Resin sangat cocok dan amat disarankan untuk penggunaan seperti pada;

    Produksi furnitur dan kerajinan tangan dari kayu,
    Pintu, jendela, dan pekerjaan pembangunan dengan kayu lainnya,
    Pemsangan venir, laminasi, panel, dan pengeleman ujung kayu,
    Lantai kayu seperti pada lantai dansa dan lapangan bola basket dalam ruang,
    Petukangan kayu dan perbaikan produk-produk kayu,
    Dapat untuk mengisi lubang pada kayu, hanya dengan menambahkan bubuk kayu / serbuk gergaji.

    KEUNGGULAN

    Penggunaan ONE STEP Powder Resin memiliki keunggulan sebagai berikut;

    Resin ini menghasilkan rekatan yang kuat dan sangat tahan air;
    Tidak seperti lem berbahan PVAC yang biasa digunakan (lem putih), ONE STEP Powder Resin tidak menyusut ketika mengering. Maka produk ini tidak menghasilkan titik-titik rongga dinatara permukaan yang dilem. Maka produk ini paling baik untuk pemasangan lantai kayu untuk menciptakan sambungan yang kokoh dengan lantai;
    Saat kering, sambungan lem amat mudah diamplas, dan dapat dicat atau dipernis;
    ONE STEP Powder Resin tidak terpengaruh oleh lumut, jamur, bakteri, minyak, bensin, dan zat pelarut;
    Diformulasikan dengan bahan isian khusus dengan berwarna kayu alami. Lubang, celah atau permukaan tidak rata pada kayu akan terisi atau tertutupi dengan mudah dan halus. ONE STEP Powder Resin juga bisa dicampur dengan bubuk kayu / serbuk gergaji untuk digunakan sebgai isian pada celha yang lebih besar. Ini juga membuat kayu lebih tahan rayap;
    ONE STEP Powder Resin berbahan dasar air. Maka peralatan yang digunakan mudah dibersihkan sebelum resin mengering dalam satu jam. Resin ini makin stabil dan mengeras sepenuhnya dalam lima jam;
    Berbentuk bubuk, ONE STEP Powder Resin mudah dibawa dan amat cocok untuk saat jadwal dan volume kerja tidak dapat diprediksi;
    ONE STEP Powder Resin tidak dapat terbakar, dan memiliki masa simpan hingga sembilan bulan dalam lingkungan tertutup bersuhu 30°C ke bawah;
    ONE STEP Powder Resin hanya butuh persiapan yang mudah dan sederhana. Ini ideal bagi saat pegawai kurang berpengalaman bertanggung jawab untuk mencampur lem atau dimana alat mencampur tidak mencukupi.
    ONE STEP Powder Resin juga dapat digunakan untuk pengempaan panas dan atau pengempaan dingin.
    ONE STEP Powder Resin sesuai dengan standar Federal Specifications MMM-A-188b Type II qualification.

    Reply
  4. Kami CV. Indochemical menjual Lem kayu PU excel one, rectan 15, epoxy dan PVAC. produk rectavit dari Belgia.
    Kualitas bagus, cocok untuk ekspor di daerah 4 musim, tahan air.
    Bagi yang berminat bisa menghubungi di 024-7610866, 0888-4315496 atau email di indochemical@yahoo. co. id

    Reply
  5. lem epoxy, pvac, lem untuk laminasi, hotmelt, segala macam lem untuk pabrik kayu, furniture, dll. info lebih lanjut japri 031-8720065 / 031-8720605
    Kantor Kami ada di Surabaya. di Jl. Rungkut Asri Utara XIX, Kav. 88.

    Reply

Leave a Comment