Apa Itu Kayu Jati belanda ? jati Asli Apa bukan Sih ?

kayu jati belanda log

Apa Sih Itu Jati Belanda ?

Kayu jati belanda itu sebenarnya adalah kayu pinus, jadi bukan kayu jati asli, sudah itu saja. lha kenapa kok disebut jati belanda, bagaimana ceritanya itu ?…konon dulu ceritanya, kalau orang sini beli import mesin2 atau alat2 berat dari luar negeri, palet atat kayu pembungkusnya adalah dari kayu pinus ini, nah karena berasal dari luar negeri inilah mengapa disebut jati belanda.

Maklumlah orang jawa, semua yang dari luar negeri disebut londo / belanda, lha wong turis dari jepang aja disebut londo kok.

Jadi begitu, kayu jati belanda sama sekali bukan jati, melainkan pinus. ketersediaan kayu ini bisa berasal dari bekas palet2 atau pun potong dan belah sendiri. Kita juga bisa import papan jati belanda langsung dari belanda, bukan belanda yang itu…pokoknya dari luar deh. jepang dan jerman serta amerika bisa jual ke kita.

pinus yang berasal dari negeri ber iklim 4 musim berbeda dengan pinus kita yang dari ekosistem tropis. seratnya lebih teratur dan mencolok, serta tidak terlalu keras dan bisa kering secara sempurna. kalau pinus punya kita lebih keras dan seratnya padat. bahkan agak sulit pengerjaannya karena kandungan minyak alami yang sangat tinggi. anda inget korek api kayu kan ? nah begitu itu pinus kita, berminyak...

Keunggulan Jati Belanda

Murah…!
Perbandingan harga antara jati belanda dengan jati asli bisa sampai 3 kali lipat lebih murah. hal ini berhubungan dengan bahan baku jati belanda yang memang lebih murah dibandingkan dengan jati asli.
Relatif tahan terhadap hama kayu karena getah kayu pinus tidak disukai oleh serangga.
Kemudian dilihat dari serat kayu, keistimewaan kayu jati belanda adalah serat nya yang bagus sekali. seratnya menonjol atau kelihatan sekali, jadi kalau dibuat mebel kayu jati belanda sangat alami. note : kalau finishingnya natural lho ya…
serat kayu jati belanda
seratnya bagusssss....!

Kekurangan Kayu Jati Belanda

Kurang kuat.
Kayu jati belanda atau pinus adalah termasuk kedalam golongan kayu lunak, relatif mudah pecah dan juga bending / melengkung. pemakaian komponen ukuran kecil juga beresiko patah lebih tinggi dibanding kayu jati atau mahoni. jadi memang kelemahan utama dari kayu jati belanda adalah kurang kuat..

Getah yang “mengganggu" proses finishing. Kayu jati belanda atau pinus memiliki kandungan getah atau minyak yang sangat tinggi. terutama jika masih kurang kering. getah kayu belanda mengandung semacam resin / lilin yang jika terkena bahan finishing tidak mau menempel dengan sempurna. hal ini juga sama kasusnya dengan lem kayu yang tidak bisa merekat sepurna jika sambungan pada kayu yang ada getahnya. Solusi hal ini hanya satu. Pengeringan yang maksimal…!, kalau pakai pinus lokal repot juga sih, musti disortir mana papan yang berminyak dan tidak berminyak. karena merepotkan, kita jarang pakai kayu jati belanda / pinus lokal.


Mebel Kayu Jati Belanda

Mebel kayu jati belanda bisa jadi alternatif bagi anda yang menginginkan perabot rumah berpenampilan alami dengan harga terjangkau. Serat kayu jati belanda sangat menonjol dan terlihat indah alami jika di finishing menggunakan warna terang seperti wax atau melamine muda. Mebel model minimalis akan terlihat sangat bagus jika memakai bahan kayu ini.

Kesimpulan

Kayu jati belanda bisa menjadi alternatif yang sesuai untuk mebel yang sifatnya sementara, seperti misalnya, cafe atau resto yang sering gonta ganti tema interior. atau bagi anda yang mau tampilan interior rumah yang alami kayu namun tidak mau keluarin budget yang berlebihan untuk memakai kayu jati karena berencana untuk ganti tema tiap tahunnya. hal ini sungguh masuk akal karena…kenapa harus pakai jati yang mahal jika kita bisa dapatkan keindahan kayu alami dari kayu pinus yang murah harganya.

Semua design mebel jepara yang ada diwebsite kami ini bisa dibuat menggunakan kayu jati belanda, baik itu design minimalis maupun mebel klasik ukiran. Silahkan anda pertimbangkan keunggulan dan kekurangan dari pemakaian kayu jati belanda sesuai dengan kebutuhan anda. Jika perlu pendapat kedua…silahkan hubungi kami dan mari kita berdiskusi. Terima kasih…

Original source http://kedaimebeljati.com/blog/mebel-kayu-jati-belanda-harga-murah/

13 Responses to "Apa Itu Kayu Jati belanda ? jati Asli Apa bukan Sih ?"

  1. Jati belanda balok ukuran 2mx20cmx20cm apakah cocok buat kamar beringkat?

    ReplyDelete
  2. di jepara banyak om yg jual, baik yan recycle maupun yang sawn timber.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jati belanda itu tahan panas dan hujan ndak bos jika di gunakan di ruang terbuka?makasih

      Delete
    2. Tidak mas...kayu ini tidak tahan panas. jadi kembang susut nya parah kayu ini kalau kena panas. untuk outdoor hanya jati mas.

      Delete
  3. Aku pernah beli mas papan kayu pinus yg masih lembaran itu baru berapa bulan melengkung mas trus seratnya pudar... Trus aku beli kayu bekas palet (jati belanda) itu gak mlengkung mas dn seratnya ttep bertahan...

    Nah itu bagaimana mas.. Apakah ada perbedaan pengolahan antara kayu pinus yg lembaran tdi dan kayu bekas palet..? Atau ada kemungkinan yg lain..?,

    ReplyDelete
  4. Aku pernah mas beli papan kayu pinus yg lembaran itu baru brapa bulan trus mlengkung trus jg seratnya pudar... Trus aku cba beli kayu bekas palet (jati belanda) itu ttep seratnya utuh dn gak mlengkung...

    Nah knapa bisa berbeda perubahan diantara keduanya mas..?, Padahal pikir saya jg ini sbenernya 1 kayu (yaitu pinus). Tp kog perubahan nya beda y..?, Nah itu knapa bisa gitu y mas..?,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pinus yang dipakai buat palet rata2 dari negara asalnya sana sudah melewati proses pengeringan dan proses anti hama yang ketat. juga penanaman dan iklim negara sana menjadikan kayu bekas palet lebih stabil...mungkin saja lho ini. tapi sepengetahuan dan sepengalaman kami...kayu bekas palet pun menyusut dan pecah dengan parahnya.

      Delete
    2. Stelah baca balasan ini cba crosscek papan sisa ternyata iya... Tekstur garis serat ttep keliatan jelas tp kyak jdi lebih garis, soal pecah mgkin cuman belum kali yaa soalnya didalam ruangan...
      Tapi nih mas klo ngomongin kualitas dri segi stabilitas lebih stabil yg bekas palet, tp klo dri segi keseluruhannya mendingan mana mas..?, antara pinus yg bekas palet sma pinus lokal yg beredar dipasaran(toko material kayu)...?,

      Delete
    3. Itu menyusutnya gimana y mas.., apa seratnya jadi lebih padat atau gimana..?, Soalnya aku pernah kan mandangi pajanganku yg dari kayu palet.. Nah itu aku sempet mikir "kog tekstur garis seratnya jadi keliatan lebih garis ya"... Nah menyusut yg kyak gitu atau gimana mas..?

      Delete
    4. Kog komentarku gak kliatan y mas..?, Jdi bingung aku udah masuk apa blm... hehee

      Delete
  5. Baca balasan ini aku jdi crosscek palet sisa.. Dan iya.. Tekstur garis serat yg dulu agak mekar alus jdi lebih garis.. Klo pecah mgkin cuman blm aja kali y...?,
    Tapi nih mas.., kalo dibandingin pinus lokal sma pinus bekas palet kualitas secara keseluruhan mendingan mana mas... Spengetahuan dan spengalaman mas dkk makai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya lebih baik pakai bekas palet gan. lebih stabil kalau dibanding pinus lokal.

      Menyusut itu bisa dilihat kalau barangnya berupa...misal..lemari yang pakai pintu, lihat pintunya jadi seret atau nggak pas musim hujan dan bandingin kalau musim panas.

      kalau pecah lain kasus ya gan. pecah ya udah...pecah gitu saja.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel