Cara Finishing Kayu Natural Pakai Bahan Wax

Bahan finishing wax memang tidak terlalu populer di industri mebel jepara, bukannya tidak ada yang pakai lho, cuman kalah popularitasnya sama melamin atau NC. alasannya bukan karena mahal atau cara finishing kayu natural pakai bahan wax ini susah, namun karena pilihan warna bahan finishing ini memang tidak terlalu banyak, hanya warna2 natural saja dengan variasi terang dan warna gelap saja.
finishing kayu pakai bahan wax
Image by : http://serenitystumps.com/
Bahan finishing wax ada beberapa pilihan yang didasari bahan baku utamanya, ada wax yang alami yang dibuat dari bagian dari rumah lebah ( bees wax ) dan ada yang dibikin dari bahan sintetis. bees wax harganya lebih mahal karena dia aman untuk dipakai finishig perabot makan ( food grade ), kalau dari tampilan, kedua bahan tersebut hampir sama sih menurut kami. semua bahan finishing wax dikemas dalam bentuk pasta.

Cara finishing kayu natural pakai bahan wax ini sebenarnya tidak terlalu susah, malah cenderung gampang banget sampai ibu2 rumah tangga pun bisa melakukannya, berikut step by step singkat cara aplikasi bahan finishing wax ini :

  1. Haluskan permukaan mebel yang hendak diwarnai pake wax, gunakan amplas searah serat kayu secara bertahap, mulai dari no 100, 120 dan seterusnya sampai amplas no 300 ( semakin halus semakin bagus / mengkilat hasilnya )
  2. Bersihkan debu bekas amplas dan aplikasikan lapisa pertama dari wax. bisa pakai kain halus dan bersih atau bisa pula pakai kuas halus. sampai rata ya, jangan tebel tipis...kemudian keringkan.
  3. Kalau sudah kering gosok permukaan mebel dengan menggunakan kain halus dan kering sampai mengkilat, kalau dirasa masih kurang mengkilat, ulangi step no 2
  4. Menurut pengalaman kami, hasil maksimal bisa didapat setelah 3 kali lapisan atau pengulangan step no 2.
Ada beberapa keistimewaan dari finishing wax yang mungkin anda suka, satu yang paling utama selain aplikasi yang mudah adalah penampilan akhirnya bisa alami banget warna kayunya. beda dengan bahan finishing lain yang meninggalkan kesan lapisan "plastik" pada permukaan kayu, kalau wax tidak, makanya bahan finishing ini sering dipakai untuk mebel minimalis yang menonjolkan serat alami kayu.

Kelemahan dari bahan finishing wax adalah tidak awet lapisannya, lama kelamaan akan pudar atau luntur lapisan wax nya, apalagi jika aplikasi finishing ini adalah untuk mebel luar ruangan, semakin cepat pula lunturnya. Namun karena aplikasi yang mudah maka kelemahan ini bukanlah hal yang besar dibanding dengan keistimewaan yang didapat.

Kesimpulan kami


Jika anda mau mebel yang tampilannya alami warna kayu, mudah perawatannya, serta aman bagi kesehatan (bees wax). bahan finishing wax adalah pilihan yang tepat untuk itu. naun jika anda mau mebel yang high gloss atau mengkilat, kuat dan tahan lama lapisannya, maka bahan finishing ini kurang cocok untuk itu. mungkin anda harus memilih jenis bahan finishing lain yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Mengenai finishing dengan warna alami, bahan finishing waterbase juga merupakan pilihan yang cocok untuk mendapatkan hasil yang natural. anda mungkin mau mencoba aplikasi bahan ini untuk mebel anda. Jadi sekian sharing2 mengenai bahan finishing kali ini, silahkan dikomentari jika anda punya pendapat lain atau hendak bertanya sesuatu pada kami. terima kasih

0 Response to "Cara Finishing Kayu Natural Pakai Bahan Wax"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel