Hardware Untuk Mebel Jepara, Apa Saja Sih Jenis dan Fungsinya ?

hardware untuk mebel jepara
Ada banyak sekali jenis dan merk hardware untuk mebel jepara yang beredar dipasaran, masing2 memiliki kualitas dan spesifikasi teknis yang berbeda beda satu dengan lainnya meskipun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. misal ada brand rel laci, yang satu pakai material stainless steel dengan mekanisme buka tutup pneumatis alias soft close. yang satunya lagi pake plat baja biasa dan pake roller plastik saja. harga...jauhhh.

Hardware dan aksesoris untuk mebel jepara pada garis besarnya kami bedakan menjadi 2 yakni dari produsennya, satu adalah buatan pabrik dan satu lagi buatan pengrajin. berikut penjelasan singkatnya :

  • Hardware buatan pabrik,

Hardawe mebel buatan pabrik (boleh juga disebut buatan cina karena kebanyakan import dari sana) meliputi engsel, handle, kunci2, rel laci dan hampir 90% dari kebutuhan mebel mungkin. kebanyakan dipakai untuk mebel jepara minimalis karena bentuknya yang simple.

Karena bentuk yang simple inilah hardware ini bisa diproduksi massal dengan mesin industri skala besar, hasilnya adalah harga yang bisa murah. anda gak bisa bayangin deh gimana caranya bikin engsel bahan baja yang bisa nutup halusss dengan harga cuman 50 ribu. biaya mikir aja gak cukup kali...

  • Hardware mebel buatan pengrajin

Hardware buatan pengrajin rata2 adalah yang berupa ukiran atau yang antik2 dengan bahan kuningan cor, misalnya handle pintu atau laci yang ukiran itu...engsel antik dan kunci2 yang bentuknya antik juga. Karena mengandung unsur seni dan permintaan pasar yang terbatas pada mebel antik maka produksi massal kurang efisien untuk dilakukan. harga nya jadi sedikit lebih mahal kalau dibanding yang bikinan pabrik.

Jadi, apa saja sih hardware yang dipakai oleh para pengrajin mebel jepara ? berikut beberapa diantaranya beserta penjelasan fungsinya :

Rel Laci / Drawer Runner

Dulu, waktu generasi simbah kami, laci almari atau meja misalnya, ya dibuat pakai kayu gitu aja tanpa tambahan alat2 yang bisa bikin buka tutupnya mulus lancar jaya. paling kasih lilin biar licin jadi buka tutupnya enak.

Sekarang, rela laci adalah salah satu hardware untuk mebel jepara yang paling banyak dipakai di industri., terutama untuk mebel minimalisan. kalau mebel antik, masih banyak yang pakai sistem lama yang hanya pakai kayu itu. Ada beberapa jenis rel laci yang biasa di aplikasikan di jepara, berikut diantaranya :

  1. Mulai dari yang paling murah, rela laci pake roda plastik. ini banyak banget dipakai karena murah dan gampang masangnya, kelemahannya...laci gak bisa terbuka seluruhnya, ada bagian yang masih tertutup karena untuk pegangan roda tadi. juga biasanya tidak terlalu kuat karena plat baja yang dipakai tipis...
    rel laci standar
    rel laci standar
  2. Rel laci dengan bearing, biasa disebut "rel tandem", rel ini cukup kuat dan bisa terbuka penuh karena mekanisme rodanya pakai alur bearing. harga lumayan mahal dibanding yang paki roller plastik. jauh lebih mahal bahkan...
    rel laci tandem
    rel laci tandem
  3. Rel laci dengan mekanisme buka tutup pneumatics, rel laci ini harganya cukup mahal karena sistem buka tutupnya otomatis. ada yang soft close jadi saat di dorong masuk dia nutup sendiri. ada yang push to open jadi kita cuman mencet laci kearah dalam lalu dia buka sendiri.
    rel laci soft close
    rel laci soft close
Engsel Pintu

Kalau engsel untuk pintu ada yang bikinan pabrik dan ada pula yang bikinan pengrajin. bahannya bermacam2 mulai dari besi biasa, baja, stainless dan kuningan. mekanisme buka tutupnya pun ada yang manual seperti engsel pada uumnya, ada pula yang pakai mekanisme soft close opening kayak rel laci diatas. harga tentu beda2 tergantung kualitas nya. berikut beberapa contoh gambarnya :
engsel buatan pabrik

engsel buatan pabrik
engsel buatan pabrik
engsel pintu antik
engsel pintu antik

engsel kuningan cor
engsel kuningan cor



Handle Pintu dan Knob Laci

Sama seperti engsel pintu, gagang pintu dan tarikan laci juga ada yang bikinan pabrik dan bikinan pengrajin. bahannya juga sama seperti engsel pintu, namun kalau handle kita akan banyak menjumpai bahan aluminium, kalau engsel tidak ada yang pakai alumunium karena kurang kuat. kalau di pakai buat handle tidak masalah sebab fungsinya dia bukan sebagai bagian yang menopang kekuatan konstruksi.
handle laci kuningan
http://tokohandle.blogspot.com/
handle pintu kuningan
http://tokohandle.blogspot.com/
handle pintu almari

contoh handle laci

Kunci2

Kalau anda mau pintu almari atau laci anda aman dari tangan2 yang tidak bertanggung jawab, pakai kunci tentu kan ya...nah ada banyak banget pilihan kunci yang bisa dipakai untuk mebel jepara anda. mulai dari yang manual cekrekkk...sampai yang pakai wifi beep beep...berikut gambar2 yang bisa jadi referensi anda kalau mau pilih hardware untuk mebel jepara yang hendak anda beli mungkin.
kunci model antik

kunci lemari minimalis

0 Response to "Hardware Untuk Mebel Jepara, Apa Saja Sih Jenis dan Fungsinya ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel