Kayu Mindi Sebagai Bahan Alternatif Mebel Jepara


Kayu mindi adalah salah satu bahan baku alternatif untuk pembuatan mebel jepara. Seperti yang sudah banyak diketahui oleh khalayak umum, kayu jati dan mahoni adalah merupakan bahan baku utama pada industri mebel jepara, hampir semua produsen mebel baik yang skala kecil maupun yang skala raksasa menggunakan kayu ini sebagai bahan baku pembuatan produknya.

Namun ternyata banyak bahan baku lain yang dipakai untuk pembuatan mebel jepara, salah satunya adalah kayu mindi ini. Apa itu kayu mindi dan bagaimana karakter kayunya serta bagaimana kesimpulan kami sebagai salah satu pengrajin mebel jepara tentang bagus atau tidaknya kayu mindi untuk bahan mebel.
serat kayu mindi

Penjelasan Tentang Kayu Mindi


Kayu atau pohon mindi adalah salah satu kayu keras golongan II - III, artinya kayu ini cukup keras namun tidak terlalu kuat dibanding kayu jati atau mahoni. kayu ini bisa tumbuh dengan cepat dan bisa mencapai diameter yang cukup besar. kalau penjelasan tentang darimana asalnya, nama latinnya dan lain2 kami serahkan sama wikipedia saja, kami sharing berdasarkan praktek lapangan langsung saja.

Kayu mindi yang dijual dijepara tersedia dalam bentuk log / gelondong dan juga sawn timber alias papanan kering siap pakai. harga bervariasi tergantung ukuran dan kondisi barangnya. maksud kami dengan kondisi barangnya adalah itu papan atau log pecah atau tidak, karena menurut kami penyakit utama kayu mindi adalah kecenderungan pecah nya yang gak ketulungan. kalau pengeringan tidak bener2 serius bakal jadi masalah yang bikin puyeng dikemudian hari. ini hanya sebagian kecil dari kekurangan kayu mindi, namun sebelumnya kita cerita keunggulannya saja.

Keunggulan Kayu Mindi


Seratnya baguuuusss...ini adalah satu2ya keunggulan kayu mindi menurut kami, serat kayu yang lurus dan rapi membuat tampilan akhir produk mebel yang dihasilkan jadi kelihatan mevvaaahh...saking mewahnya kayu mindi ini, pemakaian veneer pada pesanan mebel top class juga banyak yang minta pakai veneer kayu mindi lho...saking cakepnya mungkin.

ya ada juga sih keunggulan kayu mindi, tapi bukan harga lho, sebab harga kayu mindi sekarang ini sudah hampir sama seperti kayu mahoni, padahal beberapa tahun yang lalu harga satu kubik kayu mahoni bisa dapet kayu mindi 2 kubik lho, sekarang ini karena permintaan pasar yang tinggi, harga naik. ya begitulah hukum perdagangan supply and demand...gitu kata temen2 :D

Keunggulannya adalah mudahnya pengerjaan ditukang, kayu ini tidak terlalu keras jadi ngerjainnya enak, renyah kalau diserut dan ringan angkat2nya. kalau ada keunggulan lain dari kayu mindi yang menurut agan2 sekalian perlu ditambahkan, silahkan dikolom komentar ya...

Kelemahannya...


Banyak...tapi jangan kuatir, semua kelemahan kayu mindi dapat diatasi dengan perlakuan yang baik dan benar oleh para produsen mebel jepara. kalau gak bener ya rusak :D
Gampang pecah...ini yang bener2 menjengkelkan menurut pengalaman kami, dapet kayu gelondong baguuuss, buleeet luruuus nih...dengan harapan bakal jadi papan bagus ini nanti kalau dibelah. sampai dipenggergajian, dibelah...duarr...! pecah. pusing...solusi dari masalah ini adalah...kami tidak tahu, pasrah ama polah si kayu aja...namun biar tidak pecah lagi kalau sudah jadi barang tentu dengan pengeringan yang maksimal.

Kelemahan yang kedua dari si mindi adalah gampang diserang hama, mungkin karena kayu ini jenisnya tidak terlalu keras jadi umpuk buat gigi sang hama. mungkin lho ini...solusinya, rendam dulu papan kayu mindi kedalam larutan anti hama kayu saat sebelum masuk oven pengeringan. cara ini cukup efektif menurut pengalaman kami, namun kalau mau memastikan kematian hama2 pemakan kayu ya direbus pakai larutan anti hama, gak cuma dicelupkan. bisa dipastikan mati sampai ndog2nya...

Kelemahan lainnya adalah gampang melengkung baik kearah memanjang atau melebar. perhatikan konstruksi mebel yang mau anda buat, pastikan punya konstruksi yang baik. diskusikan dengan pengrajin mebel yang hendak anda pesenin gimana baiknya agar tidak melengkung.

Kesimpulan Kami


Kayu mindi untuk mebel bagusnya kalau anda mau mebel yang punya tampilan serat bagus degan harga lebih murah dari kayu jati, pokoknya kalau mau tampilan serat kayu alami, bagus pakai kayu ini.

Namun jangan pakai kayu mindi kalau :

  • Mau mebel buat outdoor yang kena panas hujan
  • Mau mebel yang dicat, karena sayang seratnya ketutup cat, pake mahoni aja
  • Mau mebel yang perlu kekuatan extra misal, dipan tingkat, built in cabinet, gazebo dll yang heavy duty
  • Mau daun meja ukuran super panjang dan lebar. boleh saja sih bikin meja makan panjang 4 meter lebar 1.5 meter pakai kayu mindi, namun saran kami jangan...jangan
Nah...demikian sharing pengalaman kami tentang kayu mindi, gimana kalau dipakai buat bahan baku mebel jepara, silahkan kalau ada yang mau nambahin atau meng koreksi. terima kasih...

0 Response to "Kayu Mindi Sebagai Bahan Alternatif Mebel Jepara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel