Kayu Trembesi Untuk Bahan Baku Mebel Jepara, Baguskah...?

Kalau menjawab pertanyaan dijudul atas, ya bagus banget. 
kayu trembesi untuk bahan baku mebel jepara memang bagus. namun ada beberapa karakter kayu trembesi yang mungkin tidak cocok untuk mebel2 tertentu. apa itu ? mari kenalan lebih lanjut dengan kayu ini...

Kayu trembesi adalah salah satu jenis kayu utama yang dipakai di industri mebel jepara, kayu ini punya serat bwagus banget mirip dengan jati. bahkan saking miripnya, kayu ini disebut kayu "meh" kalau dalam bahasa jepara, meh artinya hampir, katanya hampir mirip jati...katanya lho ini. tapi emang bagus kok seratnya. nih penampakannya.
meja kayu trembesi
www.puji.com
Kayu trembesi punya banyak nama panggilan, kayu meh, kayu suar, kayu joko keset dll. kayu ini mampu tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai diameter yang besar sekali. banyak ditemui diameter kayu trembesi yang melebihi satu meter. beda dengan kayu jati yang sudah sangat jarang sekali ditemui ukuran sedemikian besar. kalaupun ada harganya pasti gak masuk di akal.

Kelebihan Kayu Trembesi


Kelebihan kayu trembesi yang utama adalah ukurannya yang gede banget. kemampuan pohon ini untuk tumbuh dialam tropis baik yang kurang air sekalipun menjadikannya mampu tumbuh dengan baik dimana saja, bahkan pohon trembesi adalah salah satu pohon peneduh utama jalan raya yang banyak kena polusi dan panas terik matahari, namun tetap dia mampu tumbuh dengan baik dilingkungan ekstrim seperti itu.

Kelebihan utama lainnya adalah seratnya yang bagus, seratnya teratur dan menonjol sehingga kesan "alami kayu" sangat kental kalau dipakai untuk bahan baku mebel jepara.

Kelemahan Kayu Trembesi

Kelemahan utama dari kayu trembesi menurut kami adalah kurang kuat. kayu ini ada digolongan III untuk tingkat kekuatan. jadi kurang keras dan gampang pecah. tidak tahan panas dan hujan langsung jadi jangan dipakai untuk mebe luar ruangan / taman.

Kelemahan lain masih berhubungan dengan tingkat kekuatan kayu ini, yakni gampang dimakan hama. kalau tdak ditangani dengan baik dari awal, maka hama kayu bakal dengan mudah memakan kayu ini karena memang tingkat kekerasan yang kurang baik dari kayu ini.

Kesimpulan Kami

Menurut pengalaman kami, kayu trembesi tidak cocok digunakan untuk : 
  1. Mebel outdoor yang kena panas dan air hujan langsung, bisa cepat pecah kalau kena panas terik dan busuk kalau kena air hujan langsung.
  2. Mebel dengan komponen yang tipis, lagi...alasannya adalah berhubungan dengan tingkat kekuatan kayu trembesi ini. boleh dipakai asal konstruksi keseluruhan mendukung kekuatan mebel nya.
Udah...kayaknya cuman dua point itu saja kelemahan kayu trembesi. tapi jangan salah lho, meskipun cuma dua point namun bisa luas banget kalau di aplikasikan di industri mebel jepara. banyak banget barang yang tidak bisa dibikin pakai kayu trembesi akibat sifat2 alaminya.

Kalau cocoknya, kayu trembesi dipakai untuk mebel2 yang meng eksploitasi ukuran bahan baku, misalnya adalah barang2 sebagai berikut : 
  • Daun meja ukuran lebar 120 x panjang 600 x tebal 15 cm, sebuah ukuran yang hampir mustahil dibuat pakai kayu lain, bisa dibuat pakai kayu suar ini dengan biasa saja, bahkan bisa dibilang relatif mudah dapet bahannya.
    daun meja kayu suar
    https://laisinhubby2.weebly.com/
  • Kursi makan atau bangku kayu blok tebel2...misal kayak gini 
    kursi kayu trembesi
    http://www.jalanmiami.com
  • Patung ukuran besar 
    patung kayu trembesi
Jadi demikianlah sharing pengetahuan kali ini, namanya juga berbagi, jadi pasti ada pendapat yang tidak cocok dengan kami. silahkan dibagi ilmu dan pengetahuan mengani kayu trembesi dikolom komentar ya agan2...terima kasih

0 Response to "Kayu Trembesi Untuk Bahan Baku Mebel Jepara, Baguskah...?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel