Teak Oil, Bahan Finishing Alami Yang Mudah Aplikasinya

bahan finishing teak oil
pinterest.com
Bahan finishing teak oil adalah salah satu jenis bahan finishing yang banyak diaplikasikan untuk mebel luar ruangan / outdoor furniture. namanya juga teak oil / minyak jati. jadi orang banyak pakai untuk dioles dimebel yang dibuat dari jati. padahal sebenarnya bahan finishing ini gak ada hubungannya sama sekali dengan kayu jati atau minyaknya. teak oil hanya sebutan saja, bahannya rata2 dibuat dari minyak tumbuhan dan pengencer. ada yang bilang teak oil bahannya pakai tung oil / linseed oir dan mineral oil. sama campuran pengencer. terus terang kami tidak tahu pastinya, namun kami yakin tidak ada hubungannya sama minyak kayu jati...silahkan yang punya pengetahuan mengenai hal ini monggo diluruskan.

Teak oil dapat meresap kedalam permukaan kayu dan membuat lapisan film tipis jika sudah kering. aplikasi bisa diulang2 sampai ketebalan yang diinginkan. semakin banyak lapisan teak oil yang anda buat maka semakin tua warnanya.

Kelebihan Bahan Finishing Teak Oil

Mudah apilikasinya adalah salah satu kelebihan utama dari bahan finishing teak oil, selain itu warna natural yang dihasilkan bagus banget, jadi alami dan kelihatan elegan tamilan akhirnya.

Teak oik juga mampu memberikan lapisan film tipis yang menolak air, itulah alasan mengapa bahan finishing ini banyak dipakai untuk aplikasi outdoor furniture. tapi mebel untuk indoor juga banyak pakai kok, apalagi yang mau tampilan alami warna kayu.

Kelemahan Teak Oil

Kelemahan bahan finishing in adalah perlu perawatan yang cukup intensif, yaaa gak juga sih, tapi kalau dibanding bahan finishing lain kayak melamine atau NC yang cuma butuh di lap saja, teak oil perlu perhatian sedikit ekstra.

jika dipakai diluar ruangan, lapisan flm teak oil lama kelamaan akan luntur dan memudar oleh cuaca, jika hal ini terjadi maka re aplikasi perlu dilakukan. untung saja mudah banget aplikasinya, coba kalau repot, mungin gak ada yang pake nih bahan finishing satu ini.

Cara Aplikasi Teak Oil

cara aplikasi teak oil
pinterest.com
Mudah banget sampai sebenernya gak perlu dirinci secara detail cara aplikasi finishing teak oil, cukup pastikan permukaan kayu yang akan dilapisi teak oil bersih dan halus, semakin halus permukaan kayunya maka semakin bagus hasil akhirnya nanti. jadi begini urutannya :
  1. Ampas permukaan mebel dengan amplas halus ( 220 lebih kalau bisa )
  2. Kuaskan teak oil secara merata
  3. Ratakan hasil kuasan tadi dengan kain lap bersih. dan biarkan mengering
  4. ulangi point 2 dan 3 sampai hasil akhirnya sesuai dengan harapan anda. menurut pengalaman kami, 2 kali aplikasi sudah cukup.
  5. langkah terakhir adalah buffing / memoles permukaan teak oil yang kering pakai kain halus bersih, tujuannya biar halus, merata dan mengkilat. pakai kain aja gak usah ditambahin compound macem2 udah cukup
Jadi begitulah...silahkan ditambahkan kalau ada info yang kurang dan direvisi jika ada yang salah. terima kasih

0 Response to "Teak Oil, Bahan Finishing Alami Yang Mudah Aplikasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel