Apakah Anda Tahu Kayu Bayur ? Salah Satu Kayu Untuk Mebel Jepara


Kayu bayur untuk mebel ? Selain kayu jati dan mahoni, kayu bayur juga banyak digunakan sebagai bahan baku mebel dijepara. rata2 penggunaannya untuk mebel indoor atau dalam ruangan, kayu bayur tidak begitu kuat terhadap terpaan cuaca ekstrim kayak hujan dan panas matahari langsung, jadi memang hanya untuk pemakaian indoor saja kayu ini.
kayu bayur untuk mebel jepara
pinterest.com

Meskipun kayu bayur tidak kuat terhadap hujan, namun kok banyak pengrajin perahu yang pakai kayu ini untuk bahan pembuatan perahu ya...saya jadi bingung entah kenapa alasannya, apa kalau kena air asin itu malah awet atau gimana ? ada yang tahu alsannya ? silahkan di bagi pengetahuannya di kolom komentar ya. kami biar cerita apa yang kami tahu yakni...gimana dan bagaimana sih kalau kayu bayur ini dipakai untuk bahan baku pembuatan mebel jepara ? berikut ini pendapat kami...

Kayu Bayur Untuk Mebel


Kayu bayur ini punya serat yang lurus dan rapi, maka dari itu kalau dalam industri per mebelan jepara, kayu bayur banyak dipakai untuk mebel yang punya finishing cat solid / duco. misalnya mebel cat putih, hitam, merah dan lain2. kalau mau mebel yang menonjolkan keindahan serat kayu nya maka jati, mahoni tetaplah idola nya. mungkin kayu mindi juga jadi idola nomer 2 setelah mereka.

Kayu bayur ini bukanlah termasuk dalam golongan kayu keras, namun masuknya kedalam golongan menengah lah, kalau menurut pengalaman kami, kekuatan kayu bayur ini masih dibawah kayu mahoni. kekuatan yang kami maksud disini adalah tingkat kekerasan dan ketahan terhadap retakan. kayu bayur cukup bagus dalam dua hal tersebut.

keistimewaan kayu bayur yang lain adalah dia tahan hama, meskipun tidak sekuat kayu jati, namun ketahanan kayu bayur terhadap hama kayu patut diacungi jempol. misal kita uji coba kayu mahoni dengan kayu bayur ini lebih kuat mana terhadap serangan hama, kayu mahoni bakal rusak dalam dua mingguan, mulai di makan hama dari dalam sedangkan kayu bayur nggak. apa mungkin alasan ini yang menyebabkan kayu bayur dipakai dalam pembuatan perahu ya ?

Kalau kelemahan utama dari kayu bayur sih memang kurang kuat, kekerasan nya kurang meskipun tidak gampang pecah seperti kayu mindi. kayu bayur juga seratnya tidak istimewa banget alias biasa saja. ya mungkin ini bukan kelemahan ya, tapi bagi kami yang biasa pakai jati dan mahoni, serat kayu bayur terlihat...biassaah.

Jadi, Bagus Gak Kayu Bayur Untuk Mebel ?


Bagus sih cuman ya ada kelemahannya, mebel2 yang ideal pakai bahan kayu bayur untuk pembuatannya menurut kami adalah sebagai berikut :
  1. Mebel yang finishingnya cat duco / warna2 solid
  2. Dipakai buat kusen dan pintu rumah bagus juga ini...
  3. Lantai kayu / decking indoor
  4. Mebel buat Cafe...cocok ini gak perlu yang awet2 dan mahal, pakai kayu bayur sudah cakep banget
Jadi gitu aja sharing singkat tentang kayu bayur, kalau mau ada teman2 yang nambahin silahkan di kolom komentar dibawah. mau pake link boleh aja asal konten komentar nya nyambung. terima kasih...

0 Response to "Apakah Anda Tahu Kayu Bayur ? Salah Satu Kayu Untuk Mebel Jepara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel