Baguskah Kayu Sonokeling Kalau Dibuat Untuk Mebel Jepara

kayu sonokeling untuk mebel jepara
https://bit.ly/2y1tfuf
Bagus saja sih kalau kayu sonokeling buat mebel, cuman mahal jatuhnya sekarang. lho kok...? bukannya kayu sonokeling itu termasuk kayu kelas menengah ?

itu duluuu...kayu sonokeling sekarang ini udah naik kelas, bahkan kadang harga kayu sonokeling lebih mahal dari jati lho. kok bisa ? ya karena permintaan kayu sono sangat tinggi sedangkan pasokan sangat rendah. hukum dagang lah...dimana permintaan pasar tinggi sedang suply rendah pasti harga jadi tinggi. sama juga dengan kayu sonokeling ini.

Menurut eyang wikipedia, kayu sonokeling termasuk dalam kayu kualitas tinggi dengan kekerasan sedang. menurut pengalaman kami kayu ini kekerasannya sedikit dibawah kayu jati namun kekuatannya sedikit diatas kayu mahoni.

Kayu Sonokeling Untuk Mebel Jepara


Dulu banyak pengrajin mebel jepara didaerah teluk sidi dan sekitarnya yang mengerjakan mebel jepara pakai kayu sono ini. namun sekarang sudah jarang banget. ya alasannya karena pasokan bahan baku yang sudah sulit didapatkan, dan kalaupun ada, harga nya selangit gak cucok sama harga jualnya.

Dulu kayu sonokeling banyak dibuat jadi kursi dan meja tamu, ada juga yang memakai kayu ini untuk meja makan dan kursinya. namun kok kayaknya jarang yang memakai kayu ini untuk lemari atau tempat tidur gitu. kalau sekarang, kayu sono dibuat sebagai "inlay" atau hiasan pada mebel jati saja. jarang yang pakai full kayu sonokeling untuk mebel jepara.

Sekarang ini, kayu sono banyaknya tuh dibukin perhiasan atau aksesories macam kotak perhiasan, kotak catur, tatakan gelas dan bahkan ada yang bikin kayu ini buat jam tangan kayu dan frame kacamata. dan bagus2 pulak !
kayu sonokeling
https://bit.ly/2QBKJUZ

Karakter Kayu Sono


Kayu sono menurut kami hampir tanpa cacat, dari penampilan dia bagus banget. cuman ya warnanya emang hitam kemerahan tidak kayak jati atau mahoni. dan kehitaman kayu sono inilah yang jadi keistimewaan dan bikin harganya selangit. seratnya cakep dan kuat karakter kayunya. pokoknya baguslah kalau mau mebel berpenampilan alami nan eksotis...

Dia punya penampang kayu yang stabil, tidak mudah pecah dan susut meskipun tidak sekuat jati. gampang pula dikerjakan pakai mesin misalnya diserut, dipotong atau diukir. ya...hampir tanpa cacat kalau dari sudut pandang pengrajin mebel lah. hanya harganya saja yang mehel...

Harga jual kayu sono ini ditentukan dari diameter kayu yang berwarna hitam saja, jadi tidak seperti kayu lain yang jualnya itu berdasarkan diameter seluruh penampang kayu. kayu sono tidak begitu, dia diukur bagian hitamnya saja, makanya kadang ada kayu sono yang murah banget tapi saat di cek barangnya bagian hitamnya cuman sedikit.

Kesimpulan Kami


Kayu sonokeling emang cakep kalau dibikin mebel, namun jangan kaget kalau harganya sekarang mahalnya bisa melebihi mebel berbahan kayu jati ya. kalau anda memang nge fans ama kayu yang eksotis seperti ini silahkan dibeli saja. tapi kalau cuman mau tampilan hitam ala sonokeling mending pakai kayu lain yang harganya lebih murah kemudian di stain warna hitam ala sonokeling. beda iya...tapi yaaa okelah kalau cuman ngejar tampilan ala ala.

Cukup sekian sharing pengalaman dan pendapat tentang kayu sono untuk mebel jepara, monggo tean2 kalau ada yang nambahin informasi atau bertanya siahkan dikolom komentar ya. Nuwun...

0 Response to "Baguskah Kayu Sonokeling Kalau Dibuat Untuk Mebel Jepara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel