Mebel Cat Duco, Pilihan Finishing Yang Tepat Untuk Mebel Design Modern

mebel cat duco
pinterest.com
Mebel cat duco, apa sih sebenarnya cat duco itu ? ada yang bilang kalau bahan finishing duco adalah satu jenis bahan finishing yang cara aplikasinya adalah di semprot, ada yang bilang kalau cat duco adalah cat yang warnanya solid. menurut kami, sepanjang pengetahuan kami, cat duco adalah istilah dalam dunia finishing kayu, yang artinya adalah cat dengan warna solid, mau hitam, putih, merah biru pokoknya kalau warna solid adalah disebut duco. bahannya juga macem2, ada yang bahannya melamine, ada yang polyurethane, enamel, epoxy dan juga water based. kalau ada yang gak setuju dengan pendapat kami ini ya silahkan dikoreksi dikolom komentar dibawah.
Mebel cat duco yang punya warna solid memang sangat sesuai dengan gaya mebel modern yang simple dan bersih. perhatian orang kalau melihat sebuah mebel minimalis yang di cat duco akan ter fokus pada bentuk dan warna saja, beda kalau mebelnya disemprot warna natural misalnya, perhatian orang akan terpecah pada bentuk mebelnya, warna finishing warna kayu, serat kayu dll. makanya kalau kami bilang cat duco memang cocok sekali dipakai untuk mebel modern minimalis. namun ini semua kembali pada selera masing2 sih...

Keistimewaan Mebel Cat Duco


Seperti yang sudah kami singgung diatas, menurut kami keistimewaan utama dari cat duco pada mebel adalah tampilan yang bersih dan rapi. keuntungan lain lagi adalah mudah dibersihkan, cat duco yang punya top coat glossy membuat kotoran bisa dengan mudah di bersihkan, tampilan yang bersih juga membuat kotoran jadi gak bisa "ngumpet"

Kelemahan Cat Duco


Kalau kelemahan dari cat duco sebenarnya tidak ada, kalau di ada2kan kelemahannya adalah pengerjaan yang tidak bisa asal2an alias musti kudu harus teliti banget. cat duco yang punya wana terang, misalnya putih gitu, bakal susah ngumpetin cacat kayu seperti retak rambut, sambungan yang gak rapi atau permukaan yang bergelombang. namun kekurangan ini hanya dari sudut pandang yang tukang bikin sih, kalau dari sudut pandang pembeli paling ya harganya yang lebih mahal dibanding teknik finishing lain.


Cara Finishing Mebel Cat Duco

  1. Patikan semua cacat kayu sudah dirapikan, juga pastikan kalau permukaan yang lebar sudah diamplas rata pakai belt sander.
  2. Haluskan permukaan mebel yang akan difinishing cat duco pakai amplas kayu, bertahap mulai dari 120 sampai grit 300 nantinya, untuk tahap amplas mentah ini cukup pakai amplas grit/no 120 dulu. ingat...searah serat kayu ya ngamplasnya.
  3. Semprotkan epoxy primer / lapisan dasar cat. ada yang bilang kalau lapisan primer sebaiknya dilakukan setelah didempul. kalau cara kami tidak, lapisan epoxy bikin cacat2 kelihatan semua, jadi enak dempulnya nanti.
  4. Setelah lapisan epoxy kering, sekitar 2 -4 jam tergantung cuaca / suhu ruangan. haluskan permukaan epoxy pakai amplas no 180 atau 240. disaat inilah kita bisa meng koreksi cacat kayu pakai dempul. ulangi step ini sampai yakin semua permukaan mebel sudah bagus dan halus
  5. Semprotkan lapisan warna cat duco, lakukan penyemprotan tipis dulu yang penting rata. baru ulangi dengan lapisan kedua dan ketida. menurut pengalaman kami, 3 lapisan cat duco lebih baik daripada satu lapisan tebal
  6. Langkah terakhir adalah penyemprotan top clear coat, anda bisa memilih lapisan akhir ini mengkilat kayak kaca atau lapisan doff buram. 

0 Response to "Mebel Cat Duco, Pilihan Finishing Yang Tepat Untuk Mebel Design Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel