Cara Mudah Finishing Kayu Dengan Aqua Politur

finishing kayu aqua politur
Img Source : https://bit.ly/2Sl4fX5
Aqua politur adalah salah satu bahan finishing yang sangat mudah di aplikasikan, bahkan bagi orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang pengolahan kayu sama sekali. Dari namanya, aqua politur adalah plitur dengan bahan dasar aqua atau air, hal inilah yang menjadikan bahan finishing ini sangat mudah di aplikasikan. Berbeda dengan bahan finishing berpengencer solvent atau thinner biasa seperti melamine, NC dll, aqua politur tidak perlu proses yang "njlimet' untuk menghasilkan warna finishing yang bagus, cukup di oles2 dengan rata udah.

Keunggulan dan Kelemahan Aqua Politur


Kalau keunggulannya ya tadi, mudah aplikasinya. selain itu, harga bahan finishing aqua politur juga relatif murah, ada sih yang mahal terutama yang merk2 import itu, namun menurut kami perbedaan kualitas nya tidak beda jauh dibanding produk dalam negeri, ya maklumlah...branding masih ngaruh kuat ama harga. selain harga bahan bakunya yang murah, proses produksinya juga jadi lebih murah, kan mudah...jadi gak perlu repot2. oiyha satu lagi kelebihan aqua politur yakni tidak beracun dan aman bagi lingkungan. katanya...

Kelemahannya...menurut kami ya...kurang halus hasil akhirnya. ya kami tahu kalau tingkat kehalusan suatu finishing itu tergantung dari pengamplasan dan lain2. Namun kalau pakai bahan aqua politur ini mau diamplas sehari semalem juga kayak gitu2 aja halusnya. gak bisa nandingin kehalusan bahan melamin atau NC. Kelemahan kedua adalah warnanya tidak bisa alami gitu...kayak cat malahan kalau menurut kami. beda dengan bahan finishing waterbase yang bukan politur yang warnanya bisa natural kayu banget, kalau produk2 aqua politur rasanya kayak "tebel" gitu...susah ternyata jelasin kata2 jeporone "nggedabel" hehehe...

Cara Aplikasi Aqua Politur


Tidak banyak step nya kalau mau finishing pakai bahan ini, namun ada tips nya supaya hasilnya maksimal. Berikut step by stepnya :

  1. Semua finishing yang bagus diawali dari amplasan yang bagus. Sebisa mungkin sehalus mungkin biar hasil akhirnya halus. kenapa ? karena aqua politur ini bahan instant gak ada sanding sealer atau lapisan dasar yang menutup pori kayu dan kekasaran amplasan dasar. jadi maksimalkan amplasan anda. jangan lupa dibersihkan dulu secara maksimal sebelum beranjak ke step kedua...
  2. Aplikasikan lapisan pertama Aqua politur dengan kuas halus, jangan tebal2 yang penting rata...biarkan kering sejam dua jam.
  3. Amplas lagi pakai amplas yang halus banget, pakai nomer 1000 juga boleh, lalu aplikasikan lapisan kedua. Biarkan kering sejam dua jam.
  4. Ulangi step ke 3 jika dirasa lapisan yang dihasilkan kurang merata atau kurang mengkilat. Menurut pengalaman kami, 3 lapis udah cakep kok
Aqua politur juga biasanya dijual dengan set bahan yang lain misalnya bahan sealer, dempul atau top coat terpisah, namun kalau untuk para DIYers pakai yang sekali jadi udah cukup kok. Yang penting amplasannya di cakepin.

Cara lain kalau mau halus hasilnya yaitu pakai kain aplikasinya, bukan pakai kuas. Tapi kami gak me rekomendasikannya karena ribet dan beresiko "ndlewer2" hasilnya. Kalau anda udah ahli pakai kain mending pakai poitur asli yang pakai spirtus dan sirlak itu, hasilnya lebih jiosss dibanding pakai aqua politur.

Cara lain adalah pakai spray, tapi anda harus punya alat2nya kayak kompressor, spray gun dll. jadi modal dan gak mudah dong...


Bagusnya Buat Apa ?


Kalau menurut kami, aqua politur ini cocok untuk aplikasi pewarnaan kayu yang sifatnya pengen cepet dan murah serta bisa dikerjain sendiri. ini menurut kami lho...bakal banyak yang bilang kalau bahan ini cocok buat gazebo, jendela dan pintu serta lain2. Boleh saja sih...tapi terlalu "cheapo" kalau menurut kami. Kalau untuk produsen mebel...mmm...boleh sih, tapi kalau bisa ya jangan. mending pakai bahan waterbase itu lho.

Jadi kalau anda mau reparasi sendiri perabot rumah anda, pengen suasana baru dengan mewarnai ulang furniture atau perabot rumah anda tanpa mau panggil tukang kayu...aqua politur adalah pilihan yang tepat. Silahkan kalau mau komen tidak setuju. salam damai selalu :)

0 Response to "Cara Mudah Finishing Kayu Dengan Aqua Politur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel