Bahan Finishing Pernis Kayu dan Cara Aplikasinya

Bahan Finishing Pernis Kayu
img source : www.diynetwork.com
Bahan finishing pernis kayu adalah salah satu bahan pelapis / pewarna mebel yang dipakai sejak jaman purbakala. Pada dasarnya pernis kayu dibuat dari resin alam yang dikombinasikan dengan pengencer dengan bahan dasar minyak bumi atau ethanol, bahan pembuatannya hampir sama dengan bahan finishing politur. hanya beda komposisi dan bentuknya saja.

Pernis memiliki warna yang jernih sehingga tidak mempengaruhi penampilan akhir mebel anda. serat asli dan penampang kayu lainnya akan tetap kelihatan kalau difinishing pakai pernis. Memang pada perkembangannya, pernis kayu dizaman sekarang juga ada yang diberi pewarna, namun warnanya tidak jauh dari warna2 natural dan cenderung bening saja.

Karakter Bahan Finishing Pernis Kayu


Seperti yang sudah disinggung diatas, pernis kayu dibuat dari bahan resin. dan bahan resin memiliki karakter yang keras kalau sudah menering sempurna, mampu menghasilkan warna mengkilat yang tinggi dan cukup kuat menahan benturan. Jika dicampur dengan pengencer dengan komposisi yang tepat, pernis kayu mampu meresap jauh kedalam serat kayu dan menjadikannya semakin kuat terhadap benturan.

Pada perkembangan zaman, bahan pembuatan pernis bukan hanya dari resin alami, namun sekarang banyak produk pernis yang dibuat dari bahan dasar air. Bahan finishing waterbase adalah biasa kami menyebutnya. Cara aplikasi lebih mudah dan harga sedikit lebih bersahabat, namun hasil akhir belumlah menyamai bahan resin. entah kenapa kalau pakai bahan resin hasilnya bisa "padat" warnanya. Semoga dengan perkembangan teknologi, bahan finishing berbahan air mampu menghasilkan produk yang bisa menggantikan bahan kimia berbahaya sepenuhnya, dan ya...pernis kayu dan semua bahan finishing dengan bahan dasar resin adalah berbahaya bagi kesehatan.

Kalau keunggulan bahan finishing pernis ini adalah seperti yang kami singgung diatas, keras dan kuat serta tidak merubah warna alami kayu, nah kalau kelemahannya, menurut kami...lama kelamaan bahan pernis ini bisa mengelupas alias chipping. memang sudah karakter alami kalau bahan finishing keras resikonya ya mengelupas. namun jangan kuatir, hal ini tidak terjadi dalam waktu singkat kok. mungkin butuh 3 atau 5 tahun baru ada indikasi mengelupas. Tapi kalau dipakai diluar ruangan kemungkinan mengelupas akan tambah tinggi.

Cara Aplikasi Pernis Kayu

  1. Hal yang utama dan menentukan hasil akhir finishing adalah amplasan, maksimalkan penghalusan kayu dengan amplas yang tepat dulu. Mulai dari yang kasar ke halus, mulai dari amplas no 120 searah serat kayu untuk menghilangkan permukaan kayu yang kasar banget, kalau sudah...ganti pakai amplas no 220 kemudian yang terakhir amplas no 400 atau yang lebih halus.
  2. Bersihkan permukaan kayu yang sudah halus tadi secara menyeluruh, jangan sampai ada debu atau kotoran sisa amplas yang masih nempel. cara terbaik adalah pakai semburan angin kompressor atau blower yang kuenceng. setelah itu bersihkan pakai kain.
  3. Aplikasikan lapisan pertama pernis kayu pakai kuas halus, pastikan semua pojok2 dan bagian tersembunyi terlapisi semua pakai pernis. dan juga pastikan aplikasinya merata ya, jangan tebel tipis disana sini. Biarkan mengering 2 - 4 jam tergantung kondisi cuaca atau ruangan.
  4. Setelah kering, amplas lagi pakai amplas halus, no 1000 keatas  saran kami. ini untuk menghilangkan permukaan kasar yang disebabkan oleh kotoran yang tersisa atau dari aplikasi lapisan pertama yang tidak merata. amplas ambang saja ya, jangan terlalu ditekan, yang penting halus gitu.
  5. Aplikasikan lapisan kedua, kali ini kuasnya dilapisi kain katun halus warna putih. kenapa harus putih ? biar gak ada pewarna kain yang ikut luntur ke larutan pernis dan merusak lapisan warna pernis kayu anda.
  6. Ulangi tahap no 4 dan 5 sampai anda mendapat tingkat mengkilap yang di inginkan
Kesimpulan kami tentang bahan finishing pernis kayu, bahan finishing ini cocok untuk mebel yang mau tampilan serat kayunya masih menonjol dan  mengkilap. Bahan finishing ini tidak cocok dipakai diluar ruangan yang kena matahari dan hujan langsung. Masih bagus kalau buat kusen pintu dan jendela namun resiko mengelupas akan tinggi dibagian yang kena air dan panas langsung. dan yang paling penting...bahan pernis kayu sangat mudah aplikasinya, jadi sangat cocok bagi anda para DIYers. Sekian untuk sekarang dan terima kasih

0 Response to "Bahan Finishing Pernis Kayu dan Cara Aplikasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel