Finishing Furniture Sendiri Dengan Cara Paling Mudah - DIY

Jika anda seorang DIYers alias Do it Yourself ers, dan dirumah ada perabot mebel yang sudah jelek tampilannya, catnya sudah pada ngelupas atau lecet2 parah. Atau hanya pengen ganti warna, maka anda bisa melakukan finishing furniture sendiri yang sebenarnya memang tidak begitu susah. Melakukan sesuatu sendiri bisa jadi fun project bagi anda dan keluarga lho, jadi kenapa nggak? Repot...ah itu hanya alasan pemalas.

Bahan dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan finishing skala industri sebenarnya lumayan ribet, namun kalau untuk iseng2 mengisi waktu luang, peralatan yang banyak itu bisa diakali dengan alat sederhana. "dengan tekat yang kuat serta ketekunan tinggi tentu".

Peralatan Yang Diperlukan:

  • Amplas, no 100, 120 dan 240. fungsinya untuk menghaluskan dan membersihkan permukaan furniture anda.
    amplas furniture
  • Paint remover, bisa dibeli di toko besi / toko cat. berfungsi untuk menghilangkan bekas cat lama. kalau tidak ada terpaksa pake scrapper dan amplas serta ketekunan.
    paint remover
    merk hanya buat ilustrasi saja ya
  • Cat atau bahan finishing pilihan anda.
  • Kompressor angin, kalau gak ada pakai kuas saja boleh. untuk aplikasi bahan finishing yang baru
  • Kain lap polos halus. buat ngelap2 yang perlu di lap. banyak yang perlu di lap lho...

Step by Step Finishing Furniture Sendiri:

  1. Langkah pertama adalah mencopot semua hardware dan aksesories yang ada pada furniture anda. Hati2 kalau furniture anda ada jok nya. lebih baik ditutup pakai masking tape (lakban kertas). 
  2. Langkah kedua adalah menghilangkan atau membersihkan bekas cat finishing lama. kalau mau cepat pakai paint remover dengan kuas, namun kalau tidak tersedia di toko terdekat anda, bisa pakai scrapper / pisau cutter untuk membersihkan sisa cat lama. 
  3. Setelah lapisan finishing yang lama bersih, pasti masih ada sisa2 sedikit disudut2 yang sulit dijangkau. inilah saatnya anda main tangan. Gunakan amplas kasar no100 cukuplah, bersihkan sisa2 finishing lama dan sekalian pada tahap ini, perbaiki cacat2 yang ada, misalnya cuil, retak dll.
  4. Setelah yakin semua bersih, amplas halus semua permukaan furniture anda pakai amplas no120 grit. kalau anda punya mesin amplas, itu akan mempercepat pekerjaan ini. kemudian bersihkan debu bekas amplas pakai kain lap polos.
  5. Saatnya aplikasikan bahan finishing anda. kalau menurut kami yang paling gampang adalah pakai bahan finishing aquapolitur. kalau mau pakai bahan lain boleh saja, silahkan ikuti petunjuk pemakaian yang ada di kemasan masing2 merk.
    aqua politur
    Merk yang lain banyak lho, ini cuman contoh aja
  6. Selesai, cek kehalusan atau kerataan aplikasi finishing anda, kalau masih kurang ulangi step 5

Hal2 yang perlu dipehatikan:

Selalu pakai masker, sarung tangan dan pelindung mata saat berurusan sama paint remover. lindungi aset anda yang paling berharga, paint remover itu bahan dasarnya adalah asam tinggi, yang kalau kena tangan bisa melepuh panas gak karuan, apalagi kalau kena mata. uap dari bahan finishing juga tidak disukai oleh paru2 anda. Maka lindungilah diri anda sendiri.
sarung tangan karet
sarung tangan karet saat aplikasi paint remover
Finishing furniture sendiri bisa jadi "Fun Project" bagi anda dan mungkin buat kegiatan liburan anak2 anda, daripada maenan hape mulu hayooo...kan mending mengerjakan sesuatu yang kreatif. kalau bicara efisien dari sisi duit sih nggak ya. anda bisa panggil tukang kayu terdekat dari rumah anda untuk melakukan pekerjaan itu, namun fun project sama keluarga lebih berharga dari efisiensi duit lho.

Cukup sekian dan silahkan dikomentari kalau mau, kalau nggak ya apa boleh buat. Terima kasih...

0 Response to "Finishing Furniture Sendiri Dengan Cara Paling Mudah - DIY"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel