Obat Pengawet Kayu, Apakah Bener2 Fungsi Atau Cuman Hype

obat pengawet kayu
Obat pengawet kayu di gadang2 mampu meningkatkan masa pakai mebel sampai berkali kali lipat dari umumnya. ini beneran atau cuman bahasa marketing penjual obat sih ?
Jawaban manurut kami, Benar!
Kami bicara tentang obat pengawet kayu berdasarkan pengalaman kami di industri mebel jepara, menurut kami, obat untuk mengawetkan kayu ada 2 jenis utama. yakni obat yang membasmi hama yang makan kayu dari dalam dan hama dari luar.

Hama yang dari dalam setau kami adalah serangga yang sangat amat menjengkelkan bernama "eter eter" atau "bubuk"...bahasa Indonesianya apa ya...? Sampeyan pernah mendapati perabot kayu anda kelihatan bagus dari luar, namun keropos didalamnya, dan di lantai selalu ada kayak butiran2 kecil yang terus2an ada. nah...itu eter2. menjengkelkan karena kita gak pernah tahu penampakan mahluk ini, tahu2 rusak aja perabot kita.

Hama yang dari luar adalah rayap dan sebangsanya. mahluk yang tidak kalah menjengkelkan ini biar kecil namun sangat kuat. lha satu rumah bisa roboh lho karena napsu makan dia.

Kayu Apa Saja Yang Dimakan Hama ?

Pada dasarnya semua kayu lunak rentan dimakan hama, baik hama bubuk maupun rayap. kayu keras seperti jati pun sebenarnya tidak luput dari sasaran mahluk kecil ini. namun karena kayu jati termasuk kayu keras, maka yang dimakan biasanya adalah bagian putih kayu (gubal) yang memang lebih lunak dibanding kayu bagian tengah.

Kalau kayu mahoni dimakan semuanya, mau bagian pinggir, tengah, atas bawah sikat habis.

Kayu pinus apalagi, empuk renyah buat para hama kayu itu.

Cara Aplikasi Obat Kayu

Kalau di kaleng atau kemasan sih sudah ada ya cara pemakaian masing2 merk obat kayu, kebanyakan sih ama saja antara merk satu dengan yang lainnya. namun cara kami sedikit beda sama yang tertera di kaleng.

A. Untuk obat hama "eter2" atau bubuk, di kemasan tertera untuk merendam kayu langsung sehabis di belah. baru kemudian dikeringkan baik dijemur atau di oven. Kalau cara kami agak sedikit ekstrim, setelah di belah, papan kayu di rebus didalam larutan air yang dicampur obat kayu.

Konon ceritanya, hama eter2 ini bertelur jauh didalam serat kayu saat musim2 tertentu, jadi ada kayu yang tanpa diobati pun tidak dimakan hama. nah si telur hama ini tidak langsung kelihatan melainkan menetasnya nanti kalau kayu sudah kering. baru makan dia...nah kata orang2 tua cara satu2 nya agar hama mati sampe telur2nya adalah direbus. dengan merebus papan kayu, pengeringan juga jauh lebih cepat meskipun hanya dijemur dimatahari.

B. Kalau untuk hama rayap, kebanyakan cara pakainya di oles dipermukaan kayu, namun ada pula produsen mebel jepara yang mencampurkan obat anti rayap ini langsung di bahan finishing nya. biar lebih merata bilangnya. Kalau kami sih dioles saja setelah di amplas. karena ada beberapa bahan finishing yang jadi kurang bagus hasilnya kalau dicampur obat anti rayap ini. dan juga...mengkhawatirkan juga kalau racun obat kayu jadi masalah dengan penggunanya nanti. misal di meja makan, trus ada bakwan jatuh ke meja, trus karena sayang dimakan lagi, trus keracunan hayoooo...ngeri.

Di industri mebel jepara, yang di pakaikan obat pengawet kayu itu rata2 kayu mahoni dan sekelasnya. kalau kayu jati jarang sih yang pakai karena kayu jati jauh lebih tahan hama daripada kayu2 tadi. Kalau mau di pakein sih lebih bagus, bakalan lebih awet mebel anda nantinya.

Beracun Lho...

Kita harus ingat kalau obat pengawet kayu itu beracun, sangat beracun malah sebenarnya. jadi hati2 ya kalau mau aplikasi sendiri. pakailah sarung tangan dan masker pernapasan yang baik. kepala pusing2 kayak orang vertigo kalau menghirup uap obat hama kayu ini (pengalaman pribadi).

Ada juga sih cara pengawetan kayu yang alami, namun ribet dan perlu waktu yang lama untuk hasil maksimal. ada yang di asap, direndam di sungai, pakai minyak tanah dan lain2. namun cara2 tersebut memang kurang efisien di level industri.

Tips...

Saat anda beli mebel jepara, tanyalah pada penjualnya apakah mereka pakai obat pengawet kayu, kalau iya jenisnya apa dan aplikasinya gimana. biar anda tahu resiko nantinya.

Cukup sekian, komentar membangun silahkan...Nuwun

0 Response to "Obat Pengawet Kayu, Apakah Bener2 Fungsi Atau Cuman Hype"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel