Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Kayu Meranti Bagus Buat Furniture?

Kalau pertanyaannya bagus apa tidak, menurut kami sih tidak bagus, tapi kalau pertanyaannya bisa apa nggak, jawabannya bisa. kenapa gak bagus? karena serat kayu meranti lurus2 saja gak ada pola yang cakep seperti yang di dapati pada kayu jati belanda yang seratnya dominan dan polanya bagus. meskipun kekuatannya jauh kalah kalau dibanding kayu meranti ini.

Kayu meranti adalah salah satu kayu asli Indonesia, tumbuh di daerah Asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Philipine dan lain2. Kayu ini merupakan salah satu kayu komersial terpenting di Asia Tenggara. Kayu ini juga yang paling umum dipakai untuk konstruksi bangunan, bikin panel kayu untuk dinding, dak loteng, penyekat ruangan, bahan mebel dan perabot rumah tangga seperti mainan, peti mati dan lain-lain.
kayu meranti
Img Source : https://wikipedia.org/

Kayu meranti termasuk kayu keras yang mempunyai bobot ringan hingga berat-sedang. Kayu ini bisa dikenali dari permukaannya yang berwarna merah muda pucat, merah muda kecokelatan, merah tua, sampai merah tua kecokelatan. Warna tersebut menandakan usia dari kayu meranti, di mana semakin gelap warnanya berarti usianya semakin tua sehingga mutunya semakin baik. Jadi apa saja sih keunggulan dan kelemahan kayu meranti ini? simak point2 berikut ini ya:

Keunggulan Kayu Meranti

1. Kayu meranti adalah salah satu kayu yang keras dan kuat. alasan inilah mengapa kayu meranti banyak dipakai untuk konstruksi bangunan seperti usuk, reng, kusen, pintu dan jendela. Bentuk dan ukuran kayu ini juga tidak mudah mengalami perubahan.

Kayu meranti juga tak gampang memuai atau menyusut yang diakibatkan oleh perubahan suhu. Kayu ini terbilang cukup stabil sehingga sangat bagus digunakan sebagai material penyusun struktur bangunan, khususnya rangka atap. Dengan dipakainya kayu ini, maka rangka atap tersebut akan bertahan lama.

2. Kayu meranti termasuk kayu yang mudah dikeringkan. Proses pengeringan ini bertujuan untuk mengurangi kadar air yang terkandung di dalamnya sehingga ukuran dan bentuk kayu tetap stabil. Pengeringan kayu meranti bisa dilakukan secara alami atau memakai alat oven.

Pengeringan kayu meranti setebal 2,5 cm secara alami berlangsung selama 90 hari, sedangkan jika menggunakan oven mencapai 7 hari. Pengeringan kayu meranti mudah dilakukan tanpa menimbulkan cacat yang berarti.

3. Penampang papan kayu meranti ini mulus dan hampir lepas cacat jadi cocok untk dibuat veneer atau lapisan kayu lapis. Bentuk log / pohon kayu meranti juga lurus dan hampir bulat sempurna. hal ini menjadikannya ekonomis dalam pengolahannya karena minim limbah.

Kekurangan Kayu Meranti

1. Meskipun kayu meranti keras dan kuat, namun kayu ini kurang tahan terhadap air. Dia mudah lapuk jika kena air secara langsung seperti kehujanan dan kepanasan secara terus menerus. Oleh karena itu, kayu ini tidak cocok dipakai untuk mebel luar ruangan. Kalau dipakai lantai masih bisa sih, namun harus lantai kayu dalam ruangan, meskipun kena air saat nge pel atau ketumpahan minuman masih oke, asalkan tidak kontak air secara terus menerus seperti kalau dipakai untuk furniture taman.

2. Kayu meranti punya serat yang lurus2 hampir sama seperti kayu kelapa, ya memang gak sama persis sih, tapi begitulah. dengan serat yang semacam itu, kayu meranti sangat sulit kalau mau di haluskan secara sempurna. tidak seperti kayu mahoni atau jati yang bisa halusss banget kalau di amplas, kayu meranti tidak bisa seperti itu.

3. Mudah dimakan rayap kalau diletakkan diluar ruangan.

4. Harganya lumayan mahal, memang tidak semahal jati atau mahoni, namun cukup mahal kalau dibanding kayu tropis lainnya.

Kesimpulan Kami

Kayu meranti memang kuat dan keras, namun karena penampilan seratnya yang "gitu2 saja", kami tidak menyarankan untuk dipakai sebagai bahan baku furniture. kalau anda memang maksa mau bikin mebel dari kayu meranti ya boleh saja, yang penting jangan dipakai untuk mebel outdoor atau luar ruangan ya. boleh sih namun jangan kena panas hujan langsung.

Jika ada informasi yang mau ditambahkan atau di revisi, silahkan tnggalkan komentar dibawah ini. Terima kasih dan sukses selalu buat anda.

Post a Comment for "Apakah Kayu Meranti Bagus Buat Furniture?"