Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Kayu Akasia Bagus Untuk Mebel?

Kayu akasia memiliki serat yag padat dan kuat sehingga cocok dipakai sebagai bahan baku pembuatan mebel. Kayu akasia juga memiliki serat kayu yang bagus hampir menyerupai jati. Dan oleh karena itu, banyak pengrajin furniture di Jepara yang membuat pesanan mebel dari bahan kayu akasia ini.

Kayu akasia sudah memang sudah populer untuk dijadikan bahan baku bangunan sejak lama, penggunaan untuk bahan pintu, kusen dan jendela sudah banyak dijumpai di Indonesia. Kalau anda sendang mencari penjelasan tentang genus dan detail pohon, silahkan baca dihalaman wikipedia ini.

Disini kami akan menjelaskan mengenai kayu akasia ini dari sudut pandang kami sebagai pembuat mebel jepara. Apa bagus dan jeleknya kayu ini kalau dipakai untuk bahan pembuatan mebel. Tentu berdasarkan pengalaman kami dilapangan pada industri mebel jepara.

Apakah Kayu Akasia Bagus?

flooring kayu akasia
img source: pinterest.com
Pertanyaan ini banyak kami temui dari pelanggan kami, dan jawaban kami selalu tergantung pembandingnya dan kebutuhanya. Kalau kayu akasia vs kayu mahoni misalnya, lebih bagus mahoni dari beberapa faktor, begitu juga kalau dibandingkan kayu jati.

Kayu akasia kalau dibanding kayu mahoni memang lebih keras kayu akasia, namun kayu mahoni punya nilai jual lebih tinggi karena serat kayu lebih disukai pasar. Kalau kayu akasia dibanding jati, ya lebih bagus kayu jati.

Kayu jati lebih kuat dan bagus seratnya, serta punya nilai jual yang lebih tinggi dipasar dibandingkan kayu akasia. Ha ini tentu karena properti / sifat2 kayu jati memang lebih bagus daripada kayu akasia. Baca penjelasan kami tentang kayu jati disini.

Mari kita simak kekurangan dan kelebihan kayu akasia dibawah ini. Kita mulai dari yang bagus2nya dulu ya...

Keunggulan Kayu Akasia

Menurut kami, ada beberapa keunggulan kayu akasia yang patut anda pertimbangkan jika mau membeli papan akasia, atau mau beli mebel dari bahan kayu akasia. Berikut adalah beberapa point tersebut:
  • Kayunya keras dan kuat, jadi bisa kalau mau dibuat konstruksi bangunan sekalipun
  • Seratnya juga lumayan bagus, cukup menarik kalau difinishing warna natural sekalipun
  • Proses pengerjaannya lumayan mudah, mau digergaji, diserut dan diamplas juga bisa halusss
  • Kayu akasia ini lumayan tahan air lho, jadi banyak pula yang bikin mebel untuk taman pake kayu ini. Versi murahnya kayu jati istilahnya lah...
  • Harganya lebih murah dibanding kayu jati dan mahoni.
Kalau diatas adalah keunggulan kayu akasia kalau dibikin jadi furniture, tapi tahukah anda kalau kayu ini juga masih banyak kegunaan lain lho. Jadi gak cuman buat bahan bangunan atau buat bikin mebel saja. 

Kayu akasia adalah bahan baku utama pembuatan kertas, atau istilahnya "pulp", kertas untuk buku tulis atau untuk kardus dan kertas kemasan itu banyak dibikin pakai bubur kertas kayu akasia ini. Sebelum populer jadi bahan bangunan, dia lebih dulu populer didunia bubur si akasia ini.

Pohon akasia juga berkhasiat untuk obat diabetes dan mengatasi ejakulasi dini. Pohon akasia juga banyak di ekstrak minyak dan kandungan taninnya sebagai komponen produk kecantikan.

Selain itu, fungsi akasia sebagai pohon peneduh jalan juga tidak bisa dilupakan, panas lho kalau dijalanan gak ada pohon peneduh. Akar pohon akasia juga membantu lereng2 terhindar dari longsor.

Kelemahan Kayu Akasia

Kalau kelemahan kayu akasia dari sudut pandang produsen mebel adalah sebagai berikut:
  • Mudah pecah, tobat deh ngatasi kelakuan kayu akasia yang suka membelah diri ini. Harus ekstra hati2 dan pinter ngatur kayu dan konstruksinya iar gak pecah2 terus.
  • Selain pecah, melengkung pula. lagi...harus pinter2 ngatur konstruksi kalau gak mau polah terus mebelnya.
  • Mudah diserang hama kayu, tidak seperti kayu jati yang tahan hama. Kayu akasia ebih rentan hama, harus diberi anti hama kayu sejak dini / habis belah papan langsung di aplikasi.
  • Keringnya lamaaaaa...kalau di oven bisa sampai sebulan lebih, sedang kayu jati atau mahoni bisa kering dalam waktu 2 mingguan saja. Biar hemat biaya, biasanya pengrajin mebel Jepara menjemur diterik matahari dulu sebelum di oven.
  • Banyak mata kayunya, jelek bagi orang yang tahu kayu.
Dari semua kelemahan kayu akasia ini, pecahnya itu lho yang bikin tobat. Lha meskipun usdah di oven kering saja masih suka pecah kok, apalagi kalau kayu masih basah langsung dibikin mebel, dijamin pasti rusak nantinya.

Satu2nya jalan ngatasi masalah pecah belahnya kayu akasia ini adalah dengan mengatur konstruksi mebel yang hendak kita bikin. Jangan sampai ada kepala kayu yang kelihatan, ya memang gak mungkin sih, tapi maksud kami minimkan gitu lho. 

Sama dengan masalah melengkungnya, kita harus ngakalinya dengan konstruksi yang bagus. Jangan biarkan papan kayu akasia tanpa penyangga/support, apalagi kalau tipis papannya, jaminan pasti melengkung.

Harga Kayu Akasia

Kayu akasia harganya naik turun sama seperti kayu2 yang lain, namun yang pasti harganya lebih murah dibanding kayu jati atau mahoni. 

Kalau diJepara kayu akasia dijual dalam bentuk log/gelondong, panjang kebanyakan 2 meter ke atas dengan diameter 20 - 40 cm. Harga terakhir saat artikel ini dibuat adalah :
  1. Diameter 15 cm kebawah / DL harga per kubik 800.000
  2. Diameter 20 cm kebawah / OP harga per kubik 1.300.000
  3. Diameter 30 cm kebawah / OD harga per kubik 2.000.000
  4. Diameter 40 cm an jarang ada yang jual disini, jarang yang beli sih...

Kesimpulan Kami

Kayu akasia bisa jadi kayu yang bagus untuk pembuatan mebel selama anda tahu karakter dan cara menyiasati kekurangannya. Harganya yang murah dan tampilannya yang lumayan bagus bisa jadi penarik hati pembeli lho.

Jika anda punya pengalaman atau pertanyaan tentang kayu akasia, silahkan ditambahkan dikolom komentar dibawah ya.erima kasih sudah mampir disini dan semoga semua kebaikan selalu bersama kita.

Post a Comment for "Apakah Kayu Akasia Bagus Untuk Mebel? "