Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kayu Sengon Laut, Apa Keistimewaan Dan Kelemahannya

kayu sengon laut
Mari sekarang kita membahas tentang kayu sengon laut, sebuah kayu yang beberapa waktu belakangan ini jadi primadona investasi para tuan tanah yang mau lahannya menghasilkan uang, namun tidak mau repot bercocok tanam sayur atau buah. 

Pohon sengon laut memang hampir tidak butuh perawatan alias sangat mudah sekali budidaya nya, tinggal tanam, kasih pupuk kandang kalau perlu, kasih air kalau mau, udah...4 tahun panen jadi duit deh. 

Namun kita disini tidak akan membahas tentang budidaya kayu yang masuk dalam suku fabacea atau penghasil polong ini, namun kita akan membahas tentang karakter kayu dan apakah bisa kalau mau dibikin jadi perabot mebel. Mari...

Pohon sengon laut bisa tumbuh dengan sangat cepat, dan bahkan ada yang bilang kalau pohon sengon laut adalah salah satu pohon yang tumbuhnya tercepat didunia. Dan karena pertumbuhannya yang sangat cepat ini, kayu yang dihasilkan punya karakter yang ringan, empuk kurang kuat dan tidak awet. 

Kalau ada yang tanya apakah kayu sengon laut bisa dibikin jadi mebel? jawabannya ya bisa, tapi apakah bagus? nggak dong...kalau dibikin jadi kursi bisa patah kalau diduduki. 

Namun ada juga lho yang pake kayu ini jadi rangka sofa, yang murah2 dan gak kelihatan kayunya itu ada pula yang pake kayu sengon laut buat jadi rangkanya. Mungkin pembuatnya mikir wong gak kelihatan kayunya ini, jualnya juga murah, jadi harap maklum kalau cepat rusak.

Keistimewaan Kayu Sengon Laut

Biarpun kayu ini empuk, gak kuat dan gak awet, tapi dia punya banyak kelebihan lho, sama seperti manusia, biarpun dia tampang dan kelakuannya jelek, pasti ada baiknya kok, jadi tergantung sudut pandang kita saja. 

Jadi menurut kami, beberapa kelebihan kayu sengon laut adalah sebagai berikut:
  1. Cepat banget tumbuhnya, ini istimewa karena bisa dijadikan bahan pengganti kayu hasil hutan lain yang tumbuhnya lama.
  2. Ringan bobotnya, bisa dipakai untuk bahan core atau bagian dalam kayu lapis.
  3. Cepat kering karena seratnya berpori2 besar, jadi kadar air yang ada didalam kayu lebih mudah keluar dibandingkan kayu jenis lain yang punya serat padat seperti kayu jati misalnya. Dengan mudah kering, maka proses produksi bisa lebih cepat pula.
  4. Bisa diawetkan dengan larutan anti hama atau dengan melapisi permukaan kayu dengan cat.
  5. Murah harganya, harga pasaran kayu gelondong kurang lebih satu jutaan per kubik pada waktu artikel ini ditulis.
Keunggulan kayu sengon laut mungkin masih ada lagi, namun 5 itu yang menurut kami yang paling utama. 

Kalau bicara masalah kelemahannya sudah kami singgung sedikit diatas, intinya kayu ini kurang kuat. Papannya mudah melengkung dan tidak kuat jika digunakan untuk konstruksi utama, kalau dipake buat yang ringan2 masih oke lah, misal buat daunan meja kecil, atau buat rak2 dinding ukuran kecil masih bisa, tapi jangan dibuat pintu atau kusen gitu ya...

Kegunaan Kayu Sengon Laut

Kayu sengon laut rata2 dipakai untuk bahan kayu olahan, baik untuk kayu lapis dan tripleks, bare core atau untuk veneer. Sengon laut juga adalah bahan baku pulp atau bubur kertas, partikel dan fiber board dan bida pula dipakai untuk bahan korek api kayu. 

Para petani kayu sengon laut biasanya menyetorkan hasil tebangan kayu ke perusahaan pemroses kayu yang kemudian mengolah kayu menjadi produk2 yang diinginkan.

Sengon laut juga merupakan bahan utama pembuatan peti pengemasan sayur, buah atau yang buat telur itu. ini hubungan nya erat sama harga murahnya kayu ini, lagi pula, peti semacam itu kan gak perlu bagus2 bentuknya dan juga gak perlu awet2 juga kan? makanya kayu sengon ini dipilih untuk jadi bahan baku pembuatannya.

Selain diambil kayunya, sengon laut juga bisa dimanfaatkan buahnya sebagai makanan ringan, seperti yang sudah kami singgung diatas kalau kayu ini berasal dari suku fabacea atau penghasil polong, yang polongnya itu enak dimakan lho. 

Biji polong / kacangnya berbentuk pipih keras, digoreng enak dan cocok dicemil sambil ngopi. Konon berkhasiat pula untuk menurunkan darah tinggi dan mengobati perut kembung. 

Daunnya bisa digunakan untuk pakan ternak, kompos dan ranting2 nya yang kecil bisa dipakai untuk kayu bakar. Pohon ini juga cukup rindang sebagai pohon peneduh di kebun.

Apa lagi kegunaan kayu sengon laut menurut anda? silahkan tinggalkan komentar dibawah jika punya pendapat atau informasi yang bisa ditambahkan ya. Terima kasih

Post a Comment for "Kayu Sengon Laut, Apa Keistimewaan Dan Kelemahannya"